BREAKINGNEWS.CO.ID - Solo menjadi Kota pertama yang akan menggelar pawai obor Asian Para Games 2018. Api obor akan diambil dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah hari ini Rabu (5/9/2019) siang ini dan dibawa dengan kendaraan menuju kantor National Paralympic Committee (NPC) di Jalan Ir Sutami, Solo.

Hal ini menandai akan segera dimulainya ajang olahraga bagi atlet difabel yang akan digelar pada 6 sampai 13 Oktober mendatang. Jakarta akan menjadi kota perhelatan Asian Para Games (APG) 2018.

Pawai akan dimulai dari Api Abadi Mrapen, lalu menuju tugu batas kota antara Solo dan Karanganyar. Pada hari yang sama, pawai obor akan melewati Kota Solo, Jawa Tengah dengan melewati 10 titik di kota Solo.

Selanjutnya 9 September, pawai obor akan dilakukan di Kota Ternate, Maluku Utara, yang akan melewati 12 titik yang selanjutnya pawai akan pindah ke Pulau Sulawesi, tepatnya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada 12 September dengan rute yang akan melewati 7 titik.

Selesai dari Makassar, kirab obor berpindah ke pulau dewata, Bali, Kota Denpasar, yang akan melanjutkan pawai obor pada 16 September, yang akan dimulai dari Rumah Kantor Gubernur Bali.

Pulau Kalimantan siap menyambut pawai obor, Kota Pontianak yang akan dilalui pawai obor, 19 September pawai obor Asian Para Games akan dimulai di Kota Pontianak ini dengan 14 titik pawai obor.

Selanjutnya dua kota di Sumatra juga akan menggelar pawai obor, 23 September pawai akan dilangsungkan di Kota Medan dan 26 September di Kota Pangkal Pinang hingga nanti pawai akan diselesaikan di Kota Jakarta pada 30 September dengan titik akhir Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kegiatan kirab obor akan menjadi acara pembuka kampanye 30 hari menjelang penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games, jadi jangan sampai terlewatkan jadwalnya, informasi lebih lengkap dapat dilihat melalui Instagram Asian Para Games 2018 @Asianpg2018.

Penanggung Jawab Torch Relay Asian Para Games 2018, Ageng Nugroho, mengatakan prosesi kirab bakal dimulai dari Kantor Pusat National Paralympic Committee di Jl. Ir Sutami, Jebres dan finis di Balai Kota Solo.

Rangkaian acara diperkirakan bakal dimulai Rabu sekitar pukul 13.00 WIB karena rombongan baru berangkat dari Grobogan sekitar pukul 11.00 WIB. Api obor bakal diambil pukul 10.00 WIB. “Dari Mrapen, api langsung dibawa ke Solo untuk dikirab,” ujar Ageng dalam jumpa pers di Balai Kota, Senin (3/9/2018).

Berikut Jadwal Torch Relay Asian Para Games 2018:
1. Mrapen, Grobogan dan Solo (5 September)
2. Ternate (9 September)
3. Makassar (12 September)
4. Denpasar (16 September)
5. Pontianak (19 September)
6. Medan (23 September)
7. Pangkal Pinang (26 September)
8. DKI Jakarta (30 September)