BREAKINGNEWS.CO.ID – Penghibur multi talent Soimah ingin menampilkan gaya lebih heboh dan menghibur saat melakoni peran sebagai juri untuk ajang pencarian bakat musisi dangdut D Academy Asia 5. Pada ajang kontes adu vokal  yang diikuti enam negara Asia Tenggara yang akan berlangsung mulai 21 Oktober mendatang di stasiun televisi Indosiar tersebut, dirinya sudah bertekad akan tampil lebih heboh.

Itu dia lakukan karena sejak edisi pertama lima tahun lalu, dirinya rutin menjadi komentator sehingga rawan kebosanan dari para penonton. Maka cara yang hendak dilakukannya adalah akan membuat humor yang lebih pecah agar acara tetap meriah. “Terus terang, bosan juga bertahun-tahun kerja menjadi komentator. Tapi aku ada cara untuk ngakali biar nggak boring”, aku Soimah saat ditemui di Studio Indosiar usai launching program D Academy Asia 5, Rabu (17/10/2019).

Cara yang ditempuh seniwati asal Pati Jawa Tengah ini, adalah dengan cara tiga Minggu di Jakarta menjadi komentator  D Academy Asia, serta satu Minggu di Yogyakarta. “Kalau lagi break, aku langsung mulih Yogya, ketemu anak sama teman-teman. Kalau udah ketemu anak dan teman-teman biasanya dapat guyonan  dari teman Yogya”, katanya.

Selain kumpul sama teman-teman seniman Yogya, setidaknya bisa dapat inspirasi buat bahan guyonan di D Academy Asia 5. “Kalau nggak ya, aku  belagak gila  untuk  membuat suasana bisa meriah”, ujar Soimah.

 

Meski belagak gila, namun justru itu yang menurutnya paling sulit. “Sebab harus lebih dahulu serius mengamati suasana studio. Karena cari bahan  di studio banyak bener, kalau lagi nggak paling nggak biasanya guyon sama komentator lain”, tandasnya.

Di tahun kelima ini,  D’Academy Asia menghadirkan lima peserta dari tujuh negara dari Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapore, Thailand, Timor Leste, dan Philipina.

Negara berbahasa Tagalog itu menjadi  negara pendatang  baru  di  ajang ini.  "Kami sudah melakukan audisi dari akhir Juli sampai Agustus. Sekarang ada tujuh negara dengan masing-masing lima kontestan dan yang terbaru dari Philipina. Kami senang ada keluarga baru lagi di dalam Dangdut Academy Asia 5," ujar Ekin Gabriel.

Menurut Ekin Gabriel, DA Asia 5 bukan sekedar program kompetisi dangdut biasa. Kehadiran program DA Asia 5 diharapkan bisa mempererat tali persahabatan antar tujuh negara ini. "Jadi inilah Dangdut Academy Asia 5, sebuah program kompetisi yang paling penting adalah menyatukan persahabatan tujuh negara di Asia Tenggara," kata Ekin Gabriel.

Selain peserta, para juri juga  berasal dari 7 negara  yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Thailan, Timor Leste dan Phillipines sebagai negara yang baru ikut kali ini.

Juri dari Indonesia adalah Hetty Koes Endang dan Hendro Saky. Komentator yaitu Soimah, Inul Daratista, Nassar, dan juga Fildan DAA dan Reza Da, yang baru pertama kali jadi komentator. Acara ini masih dipandu oleh host julid tetap Indosiar yaitu Ramzi, Irfan Hakim, Gilang Dirga, Uyaina dan Jirayut.