BREAKINGNEWS.CO.ID- Forum Masyarakat Penyelamat Pariwisata Manggarai Barat (Formapp Mabar) mengecam keras sikap Bupati Mabar, Agustinus Ch. Dula yang mendukung pembangunan sarana wisata di Taman Nasional Komodo (TNK) oleh PT. Segara Lestari Komodo.

Koordinator Lapangan Formapp Mabar, Lois menilai Bupati yang akrab disapa Gusti Dula tersebut telah gagal mengembangkan dan memperdayakan masyarakat dalam kawasan TNK. Menurut Lois, Bupati Manggarai Barat tidak bisa memberikan tanggung jawab kepada PT. SKL dalam mengelola daerahnya.

"Apa yang disampaikan oleh Bupati menunjukan bahwa dia tidak memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat lokal yang ada dalam kawasan," ujar Lois di Labuan Bajo, Selasa (21/8/2018).

Lebih lanjut Lois mengatakan, Bupati Manggarai Barat seharusnya mendesak Balai Taman Nasional Komodo untuk menyedianan kebutuhan masyarakat dalam Kawasan Taman Nasional Komodo.

"Bukan malah menghadirkan pihak swasta lalu kemudian mereka diminta untuk bertanggung jawab," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Gusti Dula menyetujui pembangunan sarana wisata di Taman Nasional Komodo (TNK). Menurut Bupati yang akrab disapa Gusti Dula ini, PT yang membangun sarana wisata tersebut membawa manfaat bagi masyarakat.

"Khusus dalam perjalanan PT, memang kami selalu berdasarkan peraturan menteri. Saya kira, kita semua sepakat dalam ruangan ini untuk jaga konservasi. Kehadiran dua PT ini bagi saya membawa manfaat yaitu masyarakat diperdayakan," kata dia.

Gusti Dula berharap kehadiran PT SLK tersebut bisa menjadi sumber biaya pendidikan dan memasukan air bersih bagi masyarakat.

"Dan saya punya keinginan agar kawasan TNK dengan kehadiran dua PT ini menjadi narasumber. Sumber biaya pendidikan sekolah, sumber paramedis, sumber-sumber air bersih. Menurut saya terkait pro (setuju) dengan PT ini, ya saya pro," katanya.