JAKARTA -- Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla masih tetap belum juga memberi panduan tentang isu reshuffle di Kabinet Kerja. Dia masih tetap enggan bicara tentang hal itu serta mengakui belum juga memperoleh bocoran apapun. "Nanti ditanya sendiri (ke Presiden Joko Widodo, Red), belum bocor itu," tutur Jusuf Kalla selesai pemberian gelar Perekayasaan Paling utama Kehormatan di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (3/8).

Sekian kali Jusuf Kalla memanglah berkesan hemat bicara saat di tanya tentang isu reshuffle atau perombakan kabinet. Terlebih dulu, pada 13 Juli 2017, Presiden Joko Widodo mengatakan tidak ada perombakan kabinet atau reshuffle.

Dalam beberapa waktu terakhir, isu perombakan kabinet kembali menguat sesudah diperkirakan ada evaluasi kinerja menteri-menteri oleh Presiden serta Wakil Presiden. Tetapi, Presiden Jokowi mengakui belum juga tahu kemungkinan ada perombakan kabinet dalam jangka panjang.

Ia juga enggan menjawab waktu disebutkan sejumlah nama-nama menteri yang disangka terkena reshuffle. Tercatat, Presiden Jokowi sudah dua kali mengubah susunan kabinet dalam tiga tahun terakhir pemerintahannya.