JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi dukungan penuh atas pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un di Singapura hari ini. Jokowi mengharapkan pertemuan tersebut dapat berkontribusi untuk perdamaian dunia.

"Saya menyambut baik. Indonesia menyambut baik dan mendukung berlangsungnya KTT AS dan Korut pada hari ini di Singapura," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/6/2018).

Jokowi juga mengharapkan, pertemuan keduanya dapat berdampak pada perdamaian terlebih di kawasan Semenanjung Korea. "Kita berharap, hasil KTT ini memberikan kontribusi bagi perdamaian baik di kawasan Semenanjung Korea, kawasan kita, maupun bagi dunia. Harapannya itu," kata Jokowi.

Pertemuan Trump serta Kim berlangsung di Hotela Capella, Pulau Sentosa, Singapura, hari ini, Selasa (12/6/2018). Pertemuan bersejarah keduanya dengan diawali bersalaman, foto bersama serta melakukan pertemuan yang berlangsung sekitaran 41 menit.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan penandatanganan dokumen misterius. Tidak disebut lebih lanjut isi dokumen tersebut dikarenakan Trump menyebutnya sebagai 'dokumen sangat penting'.