JAKARTA-Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno meminta warga Jakarta tidak perlu merasa khawatir untuk membeli telur ayam di tengah-tengah maraknya isu telur ayam palsu yang terbuat dari plastik. Pemprov DKI Jakarta saat inis udah memastikan lewat serangkaian tes ilmiah, jika telur palsu yang dikabarkan terdapat di Pasar Johar Baru, adalah telur asli. 

"Jadi masyarakat jangan khawatir, masyarakat jangan was-was, telur palsu dipastikan tidak ada di DKI," kata Sandiaga di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (20/3/2018). Menurut Sandiaga, kabar soal telur ayam palsu tidak benar adanya karena dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab hingga membawa dampak buruk terhadap semua lapisan masyarakat mulai dari vendor hingga Pemprov DKI Jakarta yang tengah menjalankan program pangan khusus untuk pemegang KJP.

"Jadi kita pastikan ini diklarifikasi hari ini dan kita laporkan juga kepada pihak yang berwajib, jadi mohon ditelusuri hoax ini supaya tidak berlanjut sebagai yang meresahkan masyarakat kita ke depan," tutur dia. Sementara untuk warga Jakarta yang percaya dengan isu tersebut bisa langsung melakukan pengecakan ke laboratorium yang disediakan Pemprov DKI Jakarta untuk memastikan kebenarannya bahwa telur ayam itu tidak palsu.

"Kita menghimbau untuk mengecek kepada pihak yang relevan dan bertanggungjawab dan pihak itu di kami ada otoritas yaitu di tentunya dari Food Station yang menyuplai telor dari KPKP, dari Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan yang mensertifikasi bahwa tidak ada telur palsu seperti yang diberitakan kemaren," pungkas dia.