BREAKINGNEWS.CO.ID- Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan kembali menyelenggarakan debat Pilpres kali kedua. Debat kedua tersebut akan dihelat pada Minggu (17/2/2019) mendatang. Debat tersebut nantinya akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.
 
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengusulkan jalannya debat tersebut harus dibawa santai. Bahkan Zulkifli mengusulkan supaya sambil menyanyi. 
 
"Kalau mau debat itu sante-sante saja. Ya nyanyi-nyanyi gitu ya. Rileks-rileks," ujar Zulkifli kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019). 
 
Menurut Zulkifli yang juga Ketua MPR RI ini, pihaknya mengusulkan demikian lantaran setiap hari kedua pasangan calon (Paslon) atau para politisi kerjanya selalu berdebat. 
 
"Kenapa harus serius sekali, apalagi harus buat catatan. Biasa saja, kan hari-hari politisi kerjanya debat kan," katanya. 
 
Diberitakan sebelumnya, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan, persiapan debat kedua Pemilihan Presiden 2019 sudah mencapai 85 persen. Kesiapan ini meliputi teknis di lokasi debat, serta penyusunan pertanyaan debat oleh panelis.
 
"Tentang kesiapan kita sudah ngecek ke lokasi di Hotel Sultan. Prinsipnya kita sudah siap terkait dengan teknis," kata Ilham di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).
 
"Saya kira sudah 85 persen kita sudah siap untuk melaksanakan pelaksanaan debat yang kedua ini," sambungnya.
 
Saat ini, persiapan debat masih dalam tahap penyusunan pertanyaan oleh panelis. Ke-tujuh panelis debat telah bekerja sejak Jumat (8/2/2019). Mereka masih akan bekerja beberapa hari ke depan untuk menyelesaikan daftar pertanyaan, sebelum nantinya diserahkan ke moderator.