BREAKINGNEWS.CO.ID - Film dari luar terlebih film produksi Hollywood hingga menjelang akhir tahun 2018 ini sudah banyak yang sudah dan akan tayang di bioskop tanah air. Namun kebanyakan dari rumah produksi menawarkan film dengan genre action, comedy hingga horor. Terbilang cukup sedikit film yang bisa ditonton oleh keluarga terlebih untuk anak-anak. Bahkan rumah produksi serta distributor yang identik dengan film anak seakan absen di tahun 2018 ini.

Tapi tidak usah khawatir, rumah produksi Warner Bros yang pernah membuat film besar Harry Potter kembali dengan film animasinya, Smallfoot. Salah satu genre film yang menjadi favorit anak-anak, yang di produksi dengan teknologi komputer canggih yang memberikan tontonan yang menarik.

Smallfoot merupakan film animasi yang mengisahkan Migo dimana aktor Channing Tatum sebagai pengisi suaranya merupakan seorang Yeti bersama sang ayah Dorgle hidup sebagai pemukul gong untuk membangunkan Yeti lainnya yang menghuni sebuah desa diatas awan yang letaknya di puncak pegunungan Himalaya.

Para Yeti ini hidup dengan mengikuti peraturan dari batu yang dijaga oleh stonekeeper yang juga memimpin desa para Yeti. Namun Meechee anak dari stonekeeper sekaligus pemimpin desa merasa ada yang ditutupi oleh sang ayah mengenai kehidupan di bawah awan atau mereka menyebutnya dengan dunia bawah.

Hal itu yang membuat Meechee bersama ketiga sahabatnya Gwangi, Kolka dan Fleem mendirikan Smallfoot Evidentiary Society (SES). Yang pada akhirnya membawa Migo terlibat didalamnya dan menentang batu-batu kuno untuk turun ke dunia bawah. Mereka ingin membuktikan bahwa di bawah sana ada sebuah kehidupan layaknya desa mereka.

Sampai akhirnya Migo bertemu dengan Percy Patterson seorang pembuat film dokumenter satwa liar yang mulai kehilangan ketenarannya. Demi mengembalikan hal tersebut Percy bersama dengan asistennya Brenda membuat video seolah Yeti mahkluk mitos pegunungan salju Himalaya benar adanya.

Untuk membuktikan tentang dunia bawah Migo kemudian membawanya ke desa atas awan demi membuktikan bahwa smallfoot atau manusia memang benar adanya. Bahwa dirinya dan keempat sahabatnya termasuk Meechee tidak gila dan berbohong.

Selama di dunia atas awan Percy justru mendapati bahwa Yeti adalah mahkluk beradab dan memiliki kehidupan layaknya manusia. Bukanlah monster jahat yang digambarkan manusia lainnya selama ini. Meechee yang sejak awal sangat penasaran dan ingin membuktikan kehidupan dunia bawah mulai menjalin komunikasi dengan Percy dengan gambar.

Film ini jika digambarkan dari kaca mata penonton sebenarnya banyak mengajarkan nilai kehidupan. Selain dari hal menghibur karena diselipkan bumbu komedi hingga musikal dimana ada beberapa scene para karakter dalam film bernyanyi dan menari. Kenapa bisa dikatakan seperti itu, walau digambarkan dengan mahkluk seperti Yeti dengan manusia namun dari film ini bahwa perbedaan bukan alasan saling membenci.

Bisa digambarkan juga dengan pepatah “Don’t judge the book by its cover” yang mewakili film ini. Smallfoot merupakan film keluarga yang aman dan nyaman ditonton oleh anak-anak sekalipun. Selain hiburan yang didapat, orang tua juga bisa memberikan pengarahan lewat film karya sutradara dan penulis skenario Karey Kirkpatrick bersama Clare Sera.

Penasaran seperti apa cerita lengkapnya dari film Smallfoot yang suara karakternya diisi oleh Channing Tatum (Migo), James Corden (Percy), Zendaya (Meechee), Common (Stonekeeper), LeBron James (Gwangi), Gina Rodriguez (Kolka), Ely Henry (Fleem), Danny DeVito (Dorgle) dan Yara Shahidi (Brenda). Jangan lupa Smallfoot mulai di bioskop tanah air Oktober 2018 mendatang.