BREAKINGNEWS.CO.ID- Sirilus Ladur atau yang akrab disapa Ladur kini memantapkan perjuangan hidupnya melalui jalur politik. Saat ini, Ladur didapuk menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Manggarai Barat. Sebelum terjun ke dunia politik, Ladur kesehariannya menjadi seorang kuli tinta alias jurnalis di salah satu media televisi nasional. 
 
Namun Ladur berbalik cara untuk mengabdi kepada masyarakat dengan berpolitik. Bagi Ladur, melalui politik praktis bisa memperjuangkan aspirasi rakyat. Ia percaya dengan berpolitik, kendaraan untuk memperjuangkan lebih mudah untuk disalurkan. 
 
"Saya berpolitik murni untuk mengabdi Kepada rakyat. Demi Memperjuangkan aspirasi rakyat," ujar Ladur kepada BreakingNews.co.id, Kamis (21/2/2019). 
 
DPC PKB Manggarai Barat
 
Dunia Jurnalistik
 
Pria keliharan Todo, 21 Februari 1983 ini terjun ke dunia jurnalistik sejak tahun 2002 saat masih mahasiswa. Saat itu, ia aktif menulis soal pariwisata, ekonomi, budaya, Pendidikan maupun berita tentang Hukum di Manggarai Barat. Bahkan, ia dipercaya sebagai Ketua Persatuan wartawan Manggarai Barat (PWMB). 
 
Selain menulis, ia juga berpartisipasi aktif dalam berbagai gerakan kemahasiswaan seperti Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Pemuda katolik Gerakan Mahasiswa Pemuda Indonesia (GMPI) dan Ikatan Mahasiwan Pelajar Manggarai untuk tiga Kabupaten Manggarai. Selain itu, ia juga salah satu tokoh mahasiswa yang ikut bergabung dalam Cipayung  bersama yakni GMNI,GMKI, HMI, PMMI di Kupang.
 
Profesi wartawan Ladur terhitung selama 11 tahun. Saat tekun dalam bidang itu, Ia adalah sosok pekerja keras dan dengan mudah menembus narasumber setiapkali meliput berita. Ia juga sering menginisiasi diskusi soal perkembangan Manggarai Barat kini dan masa depan. Lalu ia memutuskan murni berpolitik.   
 
Sirilus Ladur saat bersama warga
 
Karir Partai
 
Pria lulusan Akademik Teknik Kupang ini bukan tanpa kerja keras memperoleh jabatan dalam Partainya. Ia sudah bergabung dengan sayap partai sejak tahun 2008. Sejak saat itu, ia dipercaya sebagai ketua Garda Bangsa Kabupaten Manggarai Barat yang merupakan sayap PKB. 
 
Lalu sembilan tahun kemudian, PKB mempercayakan dirinya untuk menakodai partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu di Wilayah administrasi pimpinan Bupati Agustinus Ch. Dula. 
 
"Saya terpilih menjadi Ketua Dewan Pimpinan Partai Kebangkitan Bangsa melalu Musyawarah cabang Kabupaten Manggarai Barat," kisahnya. 
 
Ladur terus melangkah jauh. saat ini pun, ia menjadi salah satu Caleg dari Dapil 1 Nomor urut 1 di Kabupaten Manggarai Barat. Dapil tersebut meliputi Kecamatan Komodo, Boleng, Mbeliling dan Sano Nggoang. 
 
Pada momen ini, ia selalu menemui akar rumput di berbagai kampung sembari memberi pendidikan politik. Semangat politiknya tidak pernah luntur. Bahkan, setiap hari ia banyak menghabiskan waktu bersama masyarakat di setiap kampung. Bagi Sil, Pileg 2019 merupakan ajang evaluasi bagi masyarakat. 
 
"Banyak hal yang didengar langsung apa kata rakyat khususnya berkaitan Pileg 2019," katanya. 
 
Lantaran paham dengan dinamika di ruang Parlemen, ia pun terlibat langsung dalam Pertarungan pileg 2019. Untuk itu, ia memilih untuk berjuang menjadi calon legislatif dan ingin agar aspirasi rakyat langsung diperjuangkan tanpa melalui orang lain.
 
“Saya masuk politik karena mau Perjuangkan aspirsai  rakyat. Saya lebih memilih jalur politik untuk bantu sesama anak bangsa. Alasannya karena selama wartawan membatu sesama sesuai dengan Profesinya mungkin lewat politik lebih mudah,” tuturnya.