BREAKINGNEWS.CO.ID - Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy tersanjung saat namanya dikaitkan dengan Timnas Indonesia. Ia masuk dalam jajaran pelatih yang direncanakan untuk menukangi Timnas Indonesia seiring dengan ketidakjelasan antara PSSI dan pelatih sebelumnya, Luis Milla.

PSSI sejatinya menawarkan Luis Milla untuk melatih Timnas Indonesia senior yang akan berlaga di Piala AFF 8 November 2018 - 15 Desember 2018, denegan opsi perpanjangan perpanjangan hingga SEA Games di Manila, Filipina. "Saya tau rumor itu, banyak pihak yang menanyakan kepada saya. Sebuah kehormatan untuk saya dikaitkan dengan Timnas Indonesia," kata Simon McMenemy di Stadion PTIK, Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Simon mengungkapkan, Timnas Indonesia saat ini kaya akan pemain yang berkualitas. Menurutnya, siapapun nanti pelatih yang yang membesut skuat Merah Putih bakal beruntung. "Menurut saya di Indonesia saat ini banyak sekali pemain hebat. Siapapun nanti yang akan menjadi pelatih Timnas Indonesia, bakal punya banyak sekali pilihan pemain. Dan itu suatu keuntungan untuk Timnas Indonesia. Semoga Indonesia bisa mendapatkan hasil bagus di Piala AFF 2018 ini," ucap Simon.

Kendati demikian, Simon tak mau terbuai terlalu jauh, sebelum adanya perbincangan dari federasi. Untuk saat fokusnya penuh untuk Bhayangkara FC. "Tapi, untuk saat ini fokus saya ke Bhayangkara. Membawa tim saya memenangkan pertandingan demi pertandingan.

Pengalaman Melatih Timnas

Munculnya nama Simon McMenemy tentunya bukan tanpa landasan. Simon sebelumnya juga pernah melatih tim nasional. Sebelum menjejaki karir di Indonesia, Simon terlebih dulu menjadi pelatih kepala timnas Filipina di Piala AFF 2010. Kala itu, Filipina masih menjadi negara yang belum diperhitungkan di Asia Tenggara. Namun, Simon berhasil menciptakan kejutan kala The Azkals berhasil menembus semifinal sebelum akhirnya takluk oleh Indonesia.

Selain itu, siapa yang menyangka jika Bhayangkara FC bisa menjadi juara Liga 1 2017. Sebagai klub yang berbasis instansi negara dan pertama kali tampil di kompetisi profesional Tanah Air, tentunya Bhayangkara FC bukan merupakan kandidat terkuat sebagai jawara. Ketika itu, materi pemain Bhayangkara FC pun didominasi oleh pemain-pemain muda. Sebut saja, Putu Gede, Danny Saputra, Evan Dimas, Zulfiandim Ilham Udin. Namun, prediksi hanyalah spekulasi. Bhayangkara FC menjelma sebagai tim pembunuh. Bali United, Persija, Persib Bandung, Persipura, harus dibuat gigit jari. Mereka finis sebagai juara.

Dari kesuksesan Bhayangkara FC di atas, ada sosok yang berperan penting yaitu Simon McMenemy. Bahkan, kinerja Simon pun mendapat perhatian dari media luar negeri, BBC. Mereka menyoroti sepak terjang Simon kala melatih Bhayangkara FC di musim pertamanya. BBC menyebut Bhayangkara FC sama seperti Leicester City. Leicester City pernah menjadi juara Liga Inggris pada musim 2015-2016. The Foxes mematahkan dominasi tim-tim besar dan berhasil menjadi juara Liga inggris di bawah arahan pelatih Italia, Claudio Ranieri.