BREAKINGNEWS.CO.ID - Piala Dunia 2018 sudah memasuki babak perempat final. Delapan tim yang tersisa akan saling jegal yaitu Uruguay vs Prancis di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (6/7/2018), setelah itu dilanjutkan Brasil dengan Belgia, Inggris kontra Swedia serta tuan rumah Rusia ditantang Kroasia. Seiring dengan semakin dekatnya jalur perebutan juara tersebut, otomatis membuat panas persaingan pencetak gol terbanyak pada Piala Dunia edisi ini.

Pada Piala Dunia sebelumnya, 2014 di Brasil, penghargaan sebagai pencetak gol terbanyak diraih oleh pemain Kolombia, Jamez Rodriguez dengan koleksi enam golnya. Akan tetapi, kemungkinan jumlah itu akan dilampaui di Piala Dunia 2018 ini. Mengingat, Beberapa pemain depan terbaik di dunia seperti Romelu Lukaku (striker Belgia) sudah mengoleksi empat gol. Setelah itu, penyerang yang masih berpeluang besar untuk menjadi pencetak gol terbanyak yaitu bomber muda Prancis Kylian ,Mbappe dengan tiga golnya.

Sejauh ini, pencetak gol terbanyak di Rusia adalah striker Timnas Inggris Harry Kane. Kane berada di jalur untuk menjadi pemenang pertama sepatu emas di Inggris sejak Gary Lineker pada 1986, setelah penaltinya melawan Kolombia membuat golnya menjadi enam gol. Striker Tottenham Hotspurs itu meraihnya ketika Inggris menyingkirkan Kolombia, ia mencetak gol pada babak kedua melalui penalti.

Sementara itu Lukaku dan Cristiano Ronaldo terikat pada empat gol masing-masing, Namun, Ronaldo tidak mungkin memenangkan perebutan sepatu emas karena Portugal tersingkir di babak 16 besar oleh Uruguay.

Lukaku telah mencetak dua gol di masing-masing pertandingan Belgia sejauh ini, pertama kalinya yang terjadi selama 32 tahun sebelum Kane mengulangi prestasi 24 jam kemudian melawan Panama. Lima gol Kane sudah cukup untuk melewati raihan sepatu emas dalam tiga edisi terakhir Piala Dunia (Diego Forlan pada 2010 dan Miroslav Klose pada 2006).

Pencetak Gol Terbanyak Sementara

6 gol – Harry Kane (Inggris)

4 gol – Cristiano Ronaldo (Portugal), Romelu Lukaku (Belgia)

3 gol – Yerry Mina (Kolombia), Artem Dzyuba (Rusia), Diego Costa (Spanyol), Denis Cheryshev (Rusia), Kylian Mbappe (Prancis), Edinson Cavani (Uruguay)

2 gol – Neymar (Brasil), Takashi Inui (Jepang), Mile Jedinak (Australia), Luka Modric (Kroasia), Phillipe Coutinho (Brasil), Ahmed Musa (Nigeria), Eden Hazard (Belgia), John Stones (Inggris), Mohamed Salah (Mesir), Luis Suarez (Uruguay), Wahbi Khazri (Tunisia), Andreas Granqvist (Swedia), Heung Min Son (Korsel), Sergio Aguero (Argentina), Antoine Griezmann (Prancis).