BREAKINGNEWS.CO.ID - Di tengah maraknya film bergenre horor baik dari dalam maupun luar negeri di bioskop tanah air. Rumah produksi justru membuat film dengan tema nasionalisme dengan balutan komedi. Film yang diberi judul Siap Gan! arahan sutradara Ody C. Harahap ini memang bertema nasionalis namun bukan film dengan banyak tentara, tembak-tembakan ataupun bersimbah darah.

Film yang dibintangi Rini Mentari, Aulia Sarah, Mentari De Marelle, Nadya Arina, Yama Carlos, Qauzar Harta Yudana serta Indra Birowo ini justru mengambil cerita tentang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau yang lebih kita kenal dengan Paskibraka.

Yap, ini merupakan film pertama tanah air yang mengangkat cerita dan dunia Paskibraka. Alasan Ody C. Harahap yang juga penulis cerita Siap Gan! mengungkapkan ingin mengembalikan imej Paskibraka yang “wah” dan elit ke masyarakat. Terlebih untuk kalangan anak muda khususnya sekolah tingkat SMP dan SMA yang menurutnya di awal 2000-an hingga kini gairahnya mulai menurun. Apalagi sempat beredar isu tidak mengenakan mengenai Paskibraka beberapa waktu lalu.

“Saya dulu menganggap Paskibra itu yang wah banget dan sekarang saya ngerasa kok itu rada terlupakan menurut saya. Tiba-tiba saya punya ide aja, dulu tuh orang pengen banget jadi Paskibraka, itu elit nih. Sampai dulu cucunya Presiden juga maksa jadi Paskibra, ini satu hal yang elit. Tapi lama kelamaan di tahun 2018 kebelakang ini sepertinya imej itu mulai terkikis, tapi saya ngga tahu atau memang lingkungan saya. Hingga saya berkhayal dan pengen mengembalikan euforia itu sih. Dan sebelumnya tiba-tiba ada isu mengenai Paskibra. Sedangkan Paskibra itu pun dari dulu hingga sekarang ngga berubah sebetulnya. Masalah imej yang orang pikir turun atau mulai tidak peduli atau tidak terlalu wah ,” ungkap Ody C. Harahap dalam press conference di kawasan Thamrin, Kamis (6/9/2018) kemarin.

Selain itu, Ody juga mengatakan bahwa cerita Siap Gan! yang disodorkan ke banyak produser sempat mengalami penolakan. Hal ini dikarenakan tema serupa yang mengangkat Paskibraka belum pernah ada contoh berupa film.

“Dan banyak produser yang bilang yakin angkat tema ini karena belum ada contohnya, jadi terlalu berat ngga. Memang ngga terlalu berat karena balutannya komedi. Memang pengen message nasionalismenya itu disampaikan dengan komedi atau dengan dialog yang lebih simple,” tambah Ody C. Harahap dalam press conference di kawasan Thamrin, Kamis (6/9/2018) kemarin.

Dipilihnya Surabaya sebagai lokasi pengambilan gambar, Ody C. Harahap juga menjelaskan kota di Jawa Timur ini sangat kontras baik sebagai kota bersejarah dengan peristiwa bendera di Hotel Oranje yang sekarang berganti nama menjadi Hotel Majapahit. Namun, Surabaya juga sebagai kota dan tempat pelacuran terbesar pada masa lalu, yang juga menjadi bagian cerita dalam film Siap Gan! tersebut.

“Saya menganggap Surabaya itu kota yang cukup kontras dan menarik karena Surabaya sebagai Kota Pahlawan dengan peristiwa benderanya dan Suarabaya dulu sebagai kota tempat pelacuran terbesar,” jelas Ody.

Film yang akan tayang serentak di bioskop tanah air mulai 13 September 2018 mendatang ini bisa dikatakan menarik. Penonton yang mendapat kesempatan untuk menontonnya pertama kali cukup puas. Film ini bisa membuat penonton tertawa, haru, sedih juga bangga akan Indonesia.