BREAKINGNEWS.CO.ID - Tinggal menghitungan hari, seluruh masyarakat Indonesia akan menjadi saksi sejarah pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta - Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Dalam meriahkan pelaksaaan Asian Games 2018, akan dibuka dengan opening ceremony di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), Sabtu (18/8/2018).

Pada momen bersejarah ini, sejumlah musisi terbaik akan memeriahkan pembukaan Asian Games 2018 di hadapan lebih dari 42 ribu penonton langsung. Berbeda dari musisi lainnya yang terdiri dari 18 penyanyi dengan membawakan lagu theme song bertajuk Bright As The Sun. Kali ini, bertambah lagi seniman muda yang akan meriahkan Asian Games 2018. Mereka adalah girlband JKT48.

Grup musik asal Indonesia dengan akulturasi budaya Jepang ini akan ikut mendukung perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018. Hal ini ditandai dengan hadirnya empat member JKT48 yaitu, Shania Junianatha, Cindy Yuvia, Zahra Yuriva Dermawan, dan Shania Gracia.

Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Erick Thohir mengatakan, Asian Games untuk segala umur. Itulah kenapa, dia ingin agar generasi milenial ikut memeriahkan dan menonton Asian Games. Nah, menurut Erick, salah satu icon generasi milenial adalah JKT48.

’’Setelah 56 tahun, inilah kesempatan besar bagi generasi muda, termasuk JKT48 untuk menjadi bagian sejarah dengan memanfaatkan Asian Games untuk mengembangkan potensi seni dan budaya Indonesia,’’ tuturnya.

Dia menambahkan, Asian Games kali ini adalah milik generasi muda. JKT48 termasuk ambil bagian tanpa dibayar. Menurutnya, apa yang telah dilakukan JKT48 adalah warisan baik dalam menunjukkan kehebatan anak muda Indonesia dalam menyelenggarakan event tingkat dunia.

JKT48.

JKT48 akan turut meramaikan Asian Games dengan membuat lebih dari 60 video sports presentation yang akan dimainkan di setiap venue cabang olahraga.

Selain membuat video presentasi olahraga, grup tersebut juga bakal menjadi pembawa acara di berbagai pertandingan, setidaknya 60 nomor dari 40 cabang olahraga Asian Games.

Video ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi cabang olahraga kepada masyarakat. serta mengajak untuk mengenal cabang olahraga tersebut secara langsung dengan menonton di venue.

Tak cuma itu, JKT48 juga akan tampil membawakan lagu-lagu untuk membuka 36 pertandingan yang berlangsung di Jakarta. Mereka rencananya akan tampil mulai dari 19 Agustus sampai 1 September di cabang-cabang olahraga seperti softball, voli, badminton, judo sampai karate.

Tingginya antusiasme generasi muda jadi salah satu indikator kesiapan masyarakat Indonesia dalam menerima tamu negara dan menjamu para atlet, wisatawan, bahkan jurnalis internasional dalam menikmati keindahan sportivitas olah raga, serta eloknya alam dan ragam budaya di Indonesia.

"Semua masyarakat Indonesia adalah panitia Asian Games. Ada yang tugasnya mempersiapkan venue, ada yang menjaga keamanan dan banyak lainnya. Nah, untuk generasi muda. Yok, kita tonton langsung Asian Games dan ramaikan media sosial dengan keindahan pertandingan dan sajian seni budaya yang ada di dalamnya," ujar Erick Thohir.