JAKARTA-Ribuan jemaah haji Indonesia diberangkatkan ke Tanah Suci, Jumat (28/7) ini. Kloter pertama sudah diterbangkan pukul 08.20 WIB pagi tadi, terdiri dari 388 jemaah. Asrama Haji Embarkasi Jakarta memberangkatkan hingga 3 kloter per hari. Embarkasi Pondok Gede Jakarta melayani pemberangkatan jemaah asal DKI Jakarta 21 Kloter, Banten 24 Kloter dan Lampung 18 Kloter.

Pada musim haji tahun ini Asrama Haji Pondok Gede direncanakan menampung 63 kloter. Keberangkatan dilakukan bertahap, mulai hari ini hingga 26 Agustus mendatang, dengan total 24.834 jemaah. Dari seluruh Indonesia, total ada 211.000 jemaah haji, sesuai kuota dari Arab Saudi.

Seiring dengan keberangkatan jemaah haji Indonesia ini, Ketua DPR RI Drs.H.Setya Novanto mengungkapkan harapannya agar jemaah haji Indonesia turut menyebarkan energi positif kepada seluruh umat Islam yang berasal dari seluruh penjuru dunia.

"Jemaah kita bukan sekedar bertemu dengan Allah SWT dengan memenuhi panggilan-Nya, tapi juga bertemu dengan Makhluk-Nya dari segala macam suku, bangsa dan ras. Cintai dan sayangilah sesama manusia, sebagaimana kita mencintai dan menyayangi Allah. Perlakukanlah mereka dengan baik sebagaimana kita bersikap baik di hadapan Allah SWT," demikian harapan Ketua DPR Setya Novanto.

Berikut pernyataan dan harapan Ketua DPR RI Setya Novanto terkait dengan keberangkatan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci:

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu

Labbaika Llahumma Labbaik
Labbaika La Syarika Laka Labbaik

Hari ini, Jum'at 28 Juli 2017 kita akan melepas kepergian saudara-saudara kita, Tamu Allah untuk memenuhi panggilan haji, menunaikan rukun Islam kelima. Sebanyak 507 kloter yang akan berangkat dari seluruh embarkasi di Indonesia. Sebanyak 221 ribu jamaah Indonesia akan memenuhi panggilan haji tahun 2017 ini.

Kita bersyukur, atas kerja keras pemerintah dan dengan dukungan semua pihak, pemerintah Arab Saudi telah mengembalikan kuota haji sebesar 211 ribu jamaah dengan penambahan 10 ribu di tahun ini.

Tentu usaha itu tidak lepas dari perkenan dan pertolongan Allah SWT. Kita telah menunjukkan bahwa animo beribadah begitu besar, sehingga menempatkan jamaah kita sebagai terbesar di dunia sepanjang sejarah perjalanan haji.

Saya berharap, situasi ini membuat kita semakin mampu menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara besar dengan tingkat religiousitas yang tinggi. Indonesia adalah negara besar yang menampakkan wajah Islam yang sesungguhnya.

Karena itu, saya menghimbau, jadikanlah momentum ibadah haji ini sebagai wadah menampakkan kesejatian, keteduhan, kedamaian dan kesejukan Islam. Sebarkan energi positif kepada seluruh umat Islam yang berasal dari seluruh penjuru dunia.

Jamaah kita bukan sekedar bertemu dengan Allah SWT dengan memenuhi panggilan-Nya, tapi juga bertemu dengan Makhluk-Nya dari segala macam suku, bangsa dan ras. Cintai dan sayangilah sesama manusia, sebagaimana kita mencintai dan menyayangi Allah. Perlakukanlah mereka dengan baik sebagaimana kita bersikap baik di hadapan Allah SWT.

Haji adalah napak tilas sejarah perjalanan Rasulullah SAW dan rasul-rasul utusan Allah SWT. Semoga perjalanan jamaah kita mampu mencontoh jejak perjalanan kekasih-kekasih Allah tersebut. Sehingga sekembalinya di Tanah Air, jamaah kita akan menularkan dan mengimplementasikan jejak-jejak perjalan Rasul di muka bumi, khususnya di Tanah Air Indonesia.

Selamat menempuh perjalanan haji. Selamat menunaikan ibadah di Tanah Suci. Semoga memperoleh haji yang mabrur yang mampu menjadikan diri pribadi, masyarakat dan Rakyat Indonesia menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Amiin

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh".