Bagi Setya Novanto, Ramadhan adalah bulan perjuangan. Selain belajar mengendalikan hawa nafsu, puasa di bulan suci itu juga mendidik manusia untuk meningkatkan kesadaran hidup dalam kebersamaan.

Untuk itu dalam acara Safari Ramadhan yang digelar Ketua DPR RI itu di beberapa kota di Jawa Tengah dan Pantura, ia tak hanya berdialog untuk mendengar aspirasi masyarakat. Lebih dari itu, Setnov  juga memberikan santunan seribu anak yatim dan masyarakat lain membutuhkan. “Tidak ada yang lebih indah selain berbagi kebahagiaan,” kata Setnov.

Kesempatan langka untuk bertemu masyarakat di Pantura dan melihat lebih dekat kehidupan mereka di berbagai daerah, semakin mempererat jalinan persaudaraan. “Sebagai Ketua DPR RI, tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya agar lebih meningkatkan kinerja DPR RI dalam membantu saudara-saudara kita, terutama melalui produk Undang-Undang yang pro terhadap rakyat,” ujar Setnov.

Saat memberikan bantuan 40 jamban kepada masyarakat di Desa Pesantunan, Kabupaten Brebes, Setnov Bahkan langsung turun tangan ikut memasang jamban yang diperuntukan masyarakat di desa itu.

Perasaan untuk saling berbagi ini membuat Ketua DPR RI  bersama sang Istri, Deisti Novanto, lansung turun tangan di tengah masyarakat yang membutuhkan.