BREAKINGNEWS.CO.ID-Sejumlah pertandingan menarik dalam lanjutan kompetisi Liga Inggris akan menyita perhatian pada sepanjang Sabtu (12/1/2019) malam dan Minggu (13/1) dini hari WIB nanti. Ada tujuh laga yang digelar dari rangkaian pekan ke-22 Premier League yang di antaranya melibatkan tim-tim papan atas seperti Liverpool, Chelsea dan Arsenal.

Arsenal akan mengawali duel matchweek 22 Premier League ini dengan menghadapi tuan rumah West Ham United mulai pukul 19.30 WIB, disusul laga Brighton & Hove Albion yang menjamu Liverpool pukul 22.00 WIB. Lima partai lainnya:
Burnley vs Fulham (22.00), Cardiff City vs Huddersfield Town (22.00), Crystal Palace vs Watford (22.00), Leicester City vs Southampton (22.00), dan Chelsea vs Newcastle United (00.30).

Liverpool, pimpinan klasemen sementara dengan 54 angka dari 21 pertandingan, menghadapi pertandingan keras melawan tuan rumah Brighton & Hove Albion di The American Express Community Stadium (Falmer, East Sussex). Manajer Liverpool, Jurgen Klopp menepis anggapan bahwa tekanan untuk timnya semakin meningkat setelah dua kekalahan yang diterima timnya dua pekan terakhir ini. "The Show must go on," tegasnya.

"Brighton memang akan memberikan tekanan pada kami, tetapi itu biasa pada setiap pertandingan. Secara umum kami menghadapi pressure ini dengan biasa-biasa saja, tidak semestinya untuk terus mengkhawatirkan apa yang akan terjadi," ujar Klopp dalam temu media di Brighton, Jumat (11/1) sore.

Sang pemimpin  klasemen bertandang ke Brighton dengan tujuan meningkatkan keunggulan mereka atas Manchester City menjadi tujuh poin. Timnya Pep Guardiola itu, The Citizens, baru akan  turun pada Senin (14/1) malam, dengan menghadapi Wolverhampton Wanderers--tim yang menyingkirkan Liverpool dari Piala FA.

Kemenangan atas Brighton akan membuat Liverpool unggul 10 poin di puncak klasemen, setidaknya hingga Senin malam saat Manchester City menjamu Wolves.

Bersiap kembali ke jalur kemenangan.

Dengan dua kekalahan yang diterima di awal Januari, Desember adalah kesuksesan yang gemilang bagi Liverpool. Mereka memenangkan semua tujuh pertandingan Liga Premier, dan mengamankan tempat di babak 16 besar Liga Champions.

Brighton, dengan perolehan separuh angka dibanding Liverpool saat ini, memang bukannya tidak bisa membuat kejutan. Tim peringkat 13 ini mampu meraih angka dari beberapa tim papan atas. Klopp menyebut, menghadapi Brighton adalah juga seperti menghadapi pertaruhan besar. Namun, selama para pemainnya bisa tetap fokus, semua bisa dihadapi dengan baik.

"Selama Anda bisa tetap fokus sepenuhnya pada apa yang Anda pengaruhi, semakin baik itu. Itulah yang kami coba lakukan dan sejauh ini cukup mudah bagi kami untuk tetap fokus.Itu yang harus kita tunjukkan dan akan tunjukkan lagi. Tetapi tidak ada permainan di Liga Premier di mana Anda dapat pergi dan menghitung tiga poin sebelum Anda memainkan permainan," paparnya.

Klopp juga menegaskan bahwa ia tidak terlalu memikirkan bahwa tersingkirnya Liverpool dari kancah Piala FA akan memberi pengaruh besar dalam perburuan gelar juara di Liga Primer. Apa yang lebih dipikirkannya sekarang ini adalah menyeimbangkan masalah cedera di pertahanan.

Dejan Lovren tertatih-tatih karena cedera otot empat menit setelah turun di kandang di Wolves, di putaran III Piala FA pekan lalu,  sementara Joel Matip baru saja kembali berlatih, dan Joe Gomez masih absen.

“Inilah situasi yang kami hadapi, bukan semata-mata kami harus fokus untuk memilih gelar yang mana," tegasnya.

"Pep Guardiola mengatakan dia lebih suka berada di empat kompetisi. Ya, saya juga akan, jika saja mampu melakukannya," ujar Klopp, merujuk pada pernyataan manajer Manchester City itu. Empat kompetisi yang dimaksudkannya adalah Liga Primer, Liga Champions, Piala FA dan Piala Liga (Carabao Cup).

Klopp memuji penampilan Virgill yang konsisten sepanjang Desember.

Berbicara kepada media usai menerima penghargaan sebagai manajer terbaik bulan Desember, bersamaan dengan penghargaan sebagai pemain belakang terbaik untuk Virgil van Dijk, Klopp melontarkan pujian kepada para pemainnya yang disebutnya konsisten dengan komitmen mereka untuk senantiasa fokus. Dua kekalahan yang diterima Liverpool setelah tak terkalahkan pada 26 pertandingan di semua kompetisi, disebutnya sebagai hal yang wajar. Liverpool menyerah 1-2 pada Manchester City di pekan ke-20 Liga Primer dan 1-2 pada Wolves di putaran III Piala FA.

"Aku lebih memikirkan pemain daripada berbicara denganmu tentang mereka," kata Klopp, berseloroh. "Jika saya mengikuti jalan Anda dengan memuji, kami membuat tajuk berita yang tidak masuk akal," lanjutnya.

Klopp secara khusus juga memuji Virgil van Dijk. "Dia memiliki potensi luar biasa. Bagi kami dia sangat penting, yang paling penting dia fit (tangannya mengetuk meja) terus-menerus dan itu membantunya pada ritme permainan. Saya sangat suka dia sebagai pemain, sebagai pribadi. Anak yang baik."

Liverpool hanya memiliki tiga pertandingan lagi di Liga Premier sebelum akhir Januari dan mereka memiliki istirahat 11 hari setelah menjamu Crystal Palace pada 19 Januari di Anfield, dengan terakhir menjamu Leicester City pada 30 Januari.

Manchester City, sebaliknya, memiliki empat pertandingan pada periode itu ketika Liverpool konsentrasi untuk berlatih.