JAKARTA - Beberapa pengguna Instragram versi Android mengeluhkan tidak bisa membuka aplikasi Instagram dalam beberapa jam terakhir pada Selasa 5 Juni 2018.

Seperti dilansir dari 9to5Google, Rabu (6/6/2018), Pengguna mengeluhkan, ketika mencoba membuka aplikasi, akan muncul pop-up bertuliskan "unfortunately Instagram has stopped". Masalah tersebut terjadi di beberapa negara, seperti Amerika Utara, Eropa, Rusia, India, Jepang, Malaysia, Algeria, Kenya, Singapura, termasuk Indonesia.

Kini, Instagram mengaku telah mengetahu adanya permasalahan tersebut, yang diumumkannya via akun Twitter resminya.

Instagram tidak menyebutkan penyebab permasalahan tersebut, namun mengungkap bahwa permasalahan ini menimbulkan dampak berbeda di berbagai perangkat.

Sejumlah pengguna mengklaim aplikasi langsung tertutup dan menampilkan pemberitahuan mengalami masalah sesaat setelah mengaksesnya.

Sementara itu, sejumlah pengguna lain melaporkan bahwa melakukan penelusuran pada halaman beranda atau menonton Instagram Stories menyebabkan aplikasi bermasalah.

Permasalahan ini menyebabkan bertambahnya penilaian yang diwakili oleh satu bintang pada halaman aplikasi Instagram di Play Store.

Saat ini, masih belum diketahui pasti pengguna Instagram yang terpengaruh oleh bug, namun informasi yang beredar di jejaring sosial mengindikasikan bahwa perangkat karya Samsung menjadi perangkat terbanyak yang mengalami permasalahan ini.

Selain Samsung, pengguna aplikasi pada perangkat Xiaomi, Huawei, dan Motorola juga melaporkan bug pada aplikasi ini.

Namun, Instagram mengonfirmasi telah menyelesaikan permasalahan ini beberapa hari setelah pengguna melakukan instalasi aplikasi ulang dan membersihkan cache untuk memperbaiki permasalahan.

Instagran menyarankan pengguna yang juga mengalami permasalahan pada aplikasinya untuk mengunduh update terbaru dari Play Store. Jika tetap mengalami permasalahan setelah melakukan update, Instagram juga menyarankan menghapus dan menginstal ulang.