BREAKINGNEWS.CO.ID - Asian Games 2018 telah tuntas. Namun, bukan berarti tugas Indonesia pun selesai. Karena, ajang selanjutnya yang tak kalah besar akan diadakan di Indonesia yaitu Asian Para Games 2018. Asian Para Games akan digelar pada 6-13 Oktober 2018 mendatang di Jakarta. Sebanyak 17 cabang olahraga akan di pertandingkan di pesta olahraga untuk atlet penyandang disabilitas di Asia ini.

Seperti halnya Asian Games 2018, Pantia pelaksana Asian Para Games, Inapgoc, akan mengadakan kirab obor yang digelar 30 hari sebelum Asian Para Games 2018 dimulai. Api obor Asian Games 2018 akan dimulai pada Rabu (5/9/2018) di Solo, Jawa Tengah. Kemudian akan dilanjutkan ke Ternate, Maluku Utara.

"Torch Relay adalah bagian dari kampanye peningkatan kesadaran kami, yang melibatkan delapan kota, yang mewakili ribuan pulau di seluruh nusantara," kata Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari. "Kami ingin kirab obor Asian Para Games untuk menyalakan semangat dan dukungan dari semua lapisan masyarakat. Kami harap bisa mempengaruhi sikap terhadap disabilitas," ujarnya menambahkan.

Ruang Publik

Inapgoc sudah merencanakan membuat ruang publik di area Kompleks Gelora Bung Karno. Mereka juga akan memasang layar lebar untuk menonton pertandingan secara langsung. Tak hanya itu, Inapgoc juga menyediakan tempat-tempat kuliner serta merchandise yang diproduksi oleh usaha kecil dan menengah. "Kami akan terus menyediakan ruang publik di GBK, sebuah konsep yang diperkenalkan oleh Inapgoc. Aksesibilitas, bagaimanapun, akan menjadi prioritas utama kami," ujar Okto.

17 Cabang Olahraga

Asian Para Games 2018 di Jakarta akan mempertemukan 42 negara Asia anggota Asian Paralympic Committee pada 17 cabang olahraga. Diperkirakan sejumlah 2.800 atlet, 1.200 official dan 500 awak media dari dalam dan luar negeri akan ambil bagian dalam ajang olahraga empat tahunan ini.

Berikut daftar cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Para Games 2018:

Panahan

Atletik

Bulu tangkis

Boccia

Tenis meja

Catur

Boling

Bola gawang

Judo

Boling lapangan

Angkat berat

Menembak

Renang

Bola voli

Bola basket kursi roda

Anggar kursi roda

Tenis kursi roda