BREAKINGNEWS.CO.ID-Sepeda Nusantara etape Mandalareh, tersaji meriah, Minggu (16/9/2018). Salah satu acara unggulan Kemenpora yang langsung bersentuhan dengan masyarakat luas disambut antusias oleh warga kota Banjar.  

Gowes Sepeda Nusantara etape Mandalareh ini diikuti hampir seluruh petinggi pemerintahan daerah Kota Banjar, di mana mereka berkumpul pada satu titik di Sport Center Langensari. Mulai dari Walikota, Sekda, Sudin, Kapolres, Losing, sampai jajaran terbawah. Mereka berkumpul bersama 2000 lebih peserta Sepeda Nusantara.

Tidak hanya pejabat setempat yang hadir. Dari pusat terlibat pula Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kementerian Pemuda dan Olahraga Dr Alman Hudri M.Pd bersama sejumlah jajarannya yang terlibat dalam kepanitiaan. 

Yang membuat acara Sepeda Nusantara di Kota Banjar sukses adalah keterlibatan pemerintahan daerah setempat berbaur dengan rakyatnya. Mereka bergembira bersama sambil berolahraga pagi, dan banyak di antara mereka yang beruntung membawa oleh oleh pulang berupa hadiah mulai dari kipas angin, kompor gas, televisi, kulkas, sepeda, sampai hadiah utama sebuah sepeda motor Honda Beat. 

Uniknya lagi, sejumlah pejabat yang naik panggung tidak segan-segan memberikan saweran uang Rp50.000 dan Rp100.000 kepada peserta Sepeda Nusantara. Ini adalah bentuk kegembiraan bersama yang diciptakan pimpinan dengan rakyatnya. 

Walikota Banjar Dr Hj UU Sukaesih MSi mengatakan, ajang Sepeda Nusantara 2018 ini adalah puncak acara dari serangkaian kegiatan olahraga yang sudah digelar sebelumnya dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-35. Sejumlah pertandingan yang digelar adalah sepakbola, basket, voli dan kegiatan olahraga tradisional seperti tarompah panjang, engran, serta sepakbola api. 

"Kegiatan ini adalah bentuk peranserta masyarakat dalam persamaan hak berolahraga. Tentu saja dengan memperhatikan murah, meriah, dan berbudaya dalam berolahraga," kata Walikota UU Sukaesih dalam sambutannya pada acara tersebut. 

"Terima kasih Kota Banjar telah dipilih menjadi salah satu Etape dari pergelaran Sepeda Nusantara 2018. Kami menyebutnya Etape Mandalareh dengan suasana pedesaan dan perkebunan," lanjut UU sukaesih. 

Menurut dia, tujuan dari acara ini tak lain untuk mengajak masyarakat aktif dalam berolahraga manuju hidup sehat. Apalagi untuk mewujudkan keinginan itu Pengkot Banjar telah membangun sebuah komplek olahraga yang cukup representatif dengan standar nasional, yang diberi nama Sport Center Langensari.

Walikota mengkarapkan dengan adanya fasilitas olahraga seperti ini Banjar diharapkan dapat melahirkan atlet berprestasi di kemudian hari.