JAKARTA – Usai melontarkan komentar yang bernada memberi dukungan kepada Cina kala menyatakan pendapat perihal situasi di Laut Cina Selatan, seorang senator dari Partai Buruh Australia (ALP), Sam Dastyari, dipecat. Pemecatan ini diungkapkan langsung oleh Ketua ALP, Bill Shorten, melalui telepon pada Rabu (29/11/2017). Dalam percakapan itu, Shorten meminta Dastyari untuk keluar dari parlemen.

"Ini bukan keputusan mudah. Saya mengatakan kepada Senator Dastyari bahwa komentarnya tak sesuai dengan kebijakan Partai Buruh dan membuat posisinya tidak bisa dipertahankan," ujar Shorten. Keputusan ini diambil setelah video kala Dastyari berpidato dalam kampanye pemilihan umum federal pada 2016 lalu beredar di beberapa akun media sosial.

Didampingi seorang pengusaha Cina serta penyumbang dana ALP, Dastyari melontarkan komentar yang terkesan memberi dukungan penolakan Beijing terhadap keputusan Pengadilan Tetap Arbitrase (PAC) perihal kasus sengketa lahan di Laut Cina Selatan. "Integritas Cina mengenai masalah perbatasannya adalah urusan Cina," kata Dastyari dalam pidato tersebut.

Dastyari sendiri sudah mengundurkan diri dari posisi juru bicara ALP di parlemen sejak tahun lalu, ketika media Cina mengabarkan bahwa pernyataannya berbeda dengan kebijakan partainya. Dia bahkan mengakui bahwa seorang pendonor dari Partai Komunis Cina, Huang Xiangmo, pernah membantunya untuk membersihkan nama.