BREAKINGNEWS.CO.ID – Wakil Presiden, Jusuf Kalla telah mengklaim kalau Indonesia telah dinyatakan sudah siap 100 persen untuk menghelat Asian Games 2018. Hal tersebut diutarakannya usai melakukan peninjauan terakhir ke berbagai venue yang berada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Kamis (3/8/2018). Terkait hal itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono pun menyetujui peryataan Wapres JK tersebut.

Asian Games 2018 tinggal menyisahkan 15 hari ke depan. Bebagai venue pertandingan maupun pembangunan infrastruktur penunjang lainnya juga telah disiapkan pemerintah untuk menyuskseskan even olahraga terakbar di Asia ini. Presiden Jokowi sendiri berharap jika Asian Games ini tak hanya sukses dalam penyelenggeraan dan pelaksanaan saja, melainkan juga harus sukses dalam prestasi. Oleh sebab itu pemerintah tak hanya mengenjot semua persiapan saja, namun persiapan para atlet juga terus digemleng secara serius, demi menaikan perfoma yang ada.

“Semua venue pertandingan telah siap 100 persen untuk menghelat pertandingan Asian Games. Venue terakhir telah selesai dibangun dan kami juga telah melakukan serah terima. Mungkin saat ini masih terlihat kalau masih adanya pekerja yang sedang mengejerkan tahap finishing, namun itu hanya bagian tamannya saja. Untuk keseluruh semua telah siap, baik itu di Jakarta maupun di Palembang,” kata Menteri PUPR dalam sesi konferensi press bersama media di Media Room Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (3/8/2018). 

Wapres yang ditemani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua INASGOC Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Ketua Komite Indonesia untuk Asian Games sekaligus Wakapolri Komjen Syafruddin dan juga Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, melanjutkan kunjungan ke beberapa venue yang terletak di kawasan GBK.

Adapun venue yang dikunjunginya tersebut adalah venue aquatic dan atletik. Usai meninjau venue tersebut, Wapres dan para jajarannya tersebut mengadakan rapat tertutup dan menghasikan keputusan jika Indonesia telah siap menjadi tuan rumah Asian Games 2018. “Kami mengambil keputasan jika Indonesia dinyatakan telah siap menyeleggarakan Asian Games. Baik itu dari venue, infrastruktur dan penyelenggraan persiapan para atlet yang akan berlaga membela Merah Putih,” tegas Jusuf Kalla.

Ajang Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang. Indonesia selaku tuan rumah ditargetkan untuk masuk dalam 10 besar perolehan medali terbanyak di pesta oleharaga terbesar di Asia tersebut.