BREAKINGNEWS.CO.ID - Salah satu pemain bintang Liga Basket Amerika (NBA), asal Filipina Jordan Clarkson, akhirnya bisa bernafas lega. Ia diizinkan tampil untuk membela negaranya di Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang 18 Agustus hingga 2 September 2018. Clarkson memiliki dua kewarganegaraan (Amerika Serikat dan Filipina).

Nenek Clarkson kebetulan berasal dari Filipina, dan ia ingin membela Filipina di even terbesar di Asia tersebut. Awalnya keinginan Filipina memakai Clarkson tidak diizinkan oleh NBA. Filipina kemudian mengajukan banding. Mereka menunjukkan fakta bila ada dua pemain NBA yang dipakai Tiongkok di Asian Games 2018, Zhou Qi dan Ding Yanyuhang. NBA akhirnya luluh dan memberi izin bagi Clarkson. Clarkson pun dipastikan bisa ikut berlaga di Asian Games 2018. INASGOC dan OCA juga telah menerima Clarkson diikutsertakan dalam skuat tim berjuluk Gilas tersebut.

Eks pemain LA Lakers ini sangat senang akhirnya bisa melakoni debut di timnas Filipina pada ajang Asian Games 2018."PUSO! Hatiku penuh dengan rasa terima kasih untuk semua orang yang membantu mewujudkan ini. Sampai ketemu segera!" kata Clarkson di Facebook.

Timnas Filipina akan memulai petualangan di Asian Games 2018 melawan Kazakhstan pada hari Kamis (16/8/2018). Belum diketahui apakah Clarkson akan siap dimainkan pada laga perdana.

Sempat Frustrasi

Sebelumnya, Clarkson sempat kecewa berat ketika beberapa waktu yang lalu NBA tak mengizinkannya main di Asian Games 2018. Ia pun sampai meminta maaf kepada masyarakat Filipina. "Kepada saudara dan saudariku di Filipina, saya sangat kecewa untuk mengatakan bahwa saya belum menerima persetujuan yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam Asian Games mendatang dengan Tim Nasional kami. Meskipun saya tidak akan berada di sana secara pribadi, saya akan bersama teman-teman tim Gilas dalam hati dan semangat," tulis Clarkson di Instagram.

Pada kesempatan tersebut, Clarkson juga berjanji masih berkomitmen untuk membela Filipina di masa yang akan datang walau gagal debut di Asian Games 2018. Clarkson tak sabar memulai petualangan bersama tim Gilas (julukan tim basket Filipina).