BREAKINGNEWS.CO.ID - Pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel mengaku dirinya sama sekali tak menyalahkan pembalap Mercedes AMG Petronas, Valtteri Bottas atas insiden senggolan pada Lap 65 dalam Formula 1 GP Hungaria yang digelar di Sirkuit Hungaroring, Budapest pada hari Minggu (29/7/2018).

Pembalap Jerman ini sukses menyalip Bottas saat keluar dari tikungan pertama saat balapan menyisakan lima lap, namun Bottas mencoba membalas saat keduanya memasuki tikungan kedua. Nyatanya, ban milik Bottas terkunci dan justru menabrak bagian belakang mobil Vettel.

Akibat insiden ini, sayap depan mobil Bottas mengalami kerusakan dan ia harus rela tersalip oleh Kimi Raikkonen. Pada Lap 68, Bottas juga mengalami senggolan dengan Daniel Ricciardo dan akhirnya terpaksa finis kelima. Selain itu, pembalap Finlandia ini juga dijatuhi hukuman 10 detik atas senggolannya dengan Ricciardo.

"Saya merasa tiba-tiba ditabrak dari belakang. Buat Valtteri, tak adalah ruang, saya ada di depan. Saya tak menyalahkannya. Saya rasa ia tak punya grip dan saat Anda berdekatan, sangat sulit mengerem dan saya rasa remnya terkunci dan kami mengalami kontak," ujar Vettel yang finis kedua, seperti yang dilansir Motorsport.

Vettel sukses 'menghantui' Bottas selama beberapa lap dengan ban ultrasoft yang lebih baru, sementara Bottas gagal mencoba melancarkan strategi sekali pit stop, usai mengganti bannya dengan ban lunak terlalu dini.

"Saya langsung sadar punya ritme balap yang jauh lebih baik. Ban belakang saya kondisinya lebih baik dan saya berada di jalur dalam pada Tikungan 1 dengan DRS. Saya nyaman saat masuk ke Tikungan 2 dan saya menyalipnya. Saya ingin memastikan tak mengerem kelewat dalam, tapi saya merasakan kontak dari belakang," ungkap Vettel.
Sementara dirinya finis kedua, Lewis Hamilton sukses merebut kemenangannya yang kelima. Vettel pun duduk di peringkat kedua pada klasemen dengan 189 poin, tertinggal 24 poin dari Hamilton. Meski begitu, empat kali juara dunia ini tak cemas dan hanya merasa beruntung bisa 'selamat' dari insiden senggolan dengan Bottas.

"Saya beruntung tetap bisa mengejar usai senggolan itu, dan beruntung ban saya tidak bocor. Tim segera memberi tahu saya bahwa kondisi ban saya baik-naik saja. Saya memang merasa mobil kami tampil baik sampai finis," pungkasnya.