BREAKINGNEWS.CO.ID-Setelah dilakukan perbaikan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten (BTPWJB) Kementerian Perhubungan, kini masyarakat sudah bisa menggunakan bangunan baru Stasiun Buaran di Jakarta Timur.

Selama diperbaiki, BTPWJB melakukan pembangunan total fisik sehingga lokasi Stasiun Buaran lebih strategis dan modern dibandingkan sebelumnya. Di mana pada sebelumnya letak Stasiun Buaran berada di depan Rusun Klender, saat ini berada di persimpangan antara Jalan I Gusti Ngurah Rai dengan Jalan Radin Inten.

“Bergeser 480 meter ke arah barat dan atau arah Jatinegara dari bangunan lama Stasiun Buaran,” kata VP Komunikasi PT Kereta Commuter Indonesia Eva Chairunisa melalui keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (9/11/2018).

Stasiun Buaran terdiri dari dua lantai dan dilengkapi dengan satu unit lift didekat pintu masuk utara dan satu unit eskalator menuju peron. Sementara untuk lantai dasarnya tersedia satu peron yang melayani jalur kereta ke arah Bekasi dan Jatinegara.

“Tak hanya itu, di lokasi baru ini Stasiun Buaran juga terintegrasi dengan Transjakarta melalui halte Busway Perumnas Klender yang mengarah ke Pulo Gebang dan Jatinegara,” ujar Eva.

Selain fasilitas tersebut Stasiun Buaran juga dilengkapi beberapa fasilitas diantaranya tempat pembelian tiket atau loket sebanyak empat unit, pelayanan sejumlah petugas penjualan, pelayanan dan pengamanan juga telah disiapkan.

Sampai dengan saat ini sudah ada 3 stasiun hasil modernisasi yang beroperasi pada lintas Bekasi – Jatinegara, ketiga Stasiun tersebut yakni Stasiun Cakung, Stasiun Klender dan Stasiun Buaran.

“Dalam waktu dekat dua stasiun lainnya yakni Stasiun Kranji dan Stasiun Klender Baru yang saat ini masih dalam tahap pembangunan juga akan segera dioperasikan,” imbuhnya.