BREAKINGNEWS.CO.ID - Polisi turut mengamankan tiga orang penadah dalam kasus penjambretan yang dialami seorang nenek di Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Edy Suranta Sitepu mengatakan hal itu lantaran pelaku utama yakni Teguh (39) selalu menjual hasil rampasannya kepada tiga orang tersebut.

Adapu ketiganya yakni DI (35), MN (23) dan EN (42).

"Pelaku ini memang sudah sering beraksi dan hasil kejahatannya selalu dijual kepada para penadah ini," kata Edy di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (4/7/2019).

Edy pun menjelaskan peran ketiga penadah dalam kasus penjambretan yang dialami Tjhay Moij (54) sewaktu sedang menjemur cucunya berusia 9 bulan di Gang Dukuh 2, RT 3 RW 7, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat pada Rabu (3/7/2019) kemarin.

Dikatakannya, seusai berhasil menjambret kalung emas milik korban, tersangka Teguh langsung menjualnya kepada DI di Pasar Jaya Ciputat seharga Rp 1,9 juta.

Dari tangan DI kemudian emas itu dijual kepada MN seharga Rp 2 juta yang kemudian dileburkan menjadi lempengan emas batangan.

"Setelah dileburkan emas tersebut diserahkan kepada penadah EN untuk dijual kembali menjadi berbagai macam perhiasan," kata Edi.

Terhadap ketiga penadah, Edi menyebut bakal dikenakan Pasal 480 KUHP. 

Sedangkan untuk Teguh selaku pelaku utama dikenakan Pasal 351 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman maksimal 9 tahun penjara.

Sementara itu, korban Tjhay Moij yang turut dihadirkan di Mapolres Metro Jakarta Barat mengatakan kalung tersebut merupakan hadiah ulang tahun dari sang anak sewaktu ia berusia 50 tahun.

"Saya enggak tahu itu beratnya berapa gram karena itu kado dari anak saya sekitar 4 tahun lalu saat saya ulang tahun ke-50," katanya.

Diberitakan sebelumnya, aksi penjambretan yang dialami Tjhay Moij (54) di Gang Dukuh 2, RT 3 RW 7, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat pada Rabu (3/7/2019) viral di media sosial lantaran terekam kamera CCTV.

Dalam rekaman tersebut, terlihat korban yang mengenakan daster ungu sedang menggendong bayi berdiri membelakangi jalan tiba-tiba dijambret kalungnya oleh pengendara motor yang datang dari arah belakang.
Akibat kejadian itu, selain kalung yang menempel di lehernya raib, korban dan bayi yang digendongnya juga sampai terjatuh.