BREAKINGNEWS.CO.ID - Sejumlah perwakilan kelompok suporter Persib Bandung, Bobotoh dan Viking, mendatangi kediaman calon wakil presiden nomori urut 01, KH. Ma’ruf Amin, di Jalan Situbondo, Menteng, jakarta, Rabu (2/1/2019). Sekitar 20 orang perwakilan yang menamakan diri mereka 'Bobotoh Jokowi' mendeklarasikan dukungannya kepada Ma'ruf Amin dan pasangannya Joko Widodo (Jokowi) pada pilpres 2019, April mendatang.

Perwakilan Bobotoh Jokowi, Rendra mengatakan, alasan dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf Amin selain selain perintah langsung dari Ketua Bobotoh, Heru Joko, juga berdasarkan track record dari Jokowi. "Kami hadir di sini atas perintah langsung dari Pak Heru Joko sebagai ketua kami karena saat ini Pak Heru sedang melakukan peresmian distrik Viking Fans Club anniversary di Jepang," ujar Rendra.

Selain Viking, ada pula komunitas motor gede (moge) bernama Brotherhood asal Bandung yang ikut bersilahturahmi ke kediaman Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu. Komunitas moge itu juga ikut mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Para wartawan sore ini saya dapat kunjungan dari Bandung, dari kelompok komunitas motor Brotherhood dan dari Viking yaitu pendukung Persib, Bobotoh. Selain silaturahmi juga bahas masalah menyangkut kebangsaan, kenegaraan juga sampaikan dukungan (kepada) Pak Jokowi dan ke saya dalam pilpres. Saya ucapkan terima kasih," papar Ma'ruf Amin.

Tim Kesukaan Ma'ruf Amin

Ma'ruf Amin ketika ditanya oleh salah satu Bobotoh ketika akan berfoto menjawab Persib Bandung merupakan klub Indonesia kesukaannya. "Apa klub sepak bola kegemaran Abah? Persebaya?" tanya salah satu Bobotoh. "Ya, Persib lah,"jawab Ma'ruf.

Pengakuan Ma'ruf itu pun membuat perwakilan Bobotoh tertawa. Pada kesempatan tersebut Bobotoh dan Ma'ruf saling bertukar cinderamata. Perwakilan delegasi pun turut menyerahkan selempang bertuliskan 'Bobotoh Jokowi'.

Ma'ruf yang diserahi selempang lalu membalasnya dengan memberikan sebuah bola yang sudah ditandatanganinya. Perwakilan Bobotoh, Rendra mengatakan, Organisasi Viking Persib Bandung secara keseluruhan mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. "Viking secara keseluruhan dukung 01," tukas Rendra.