BREAKINGNEWS.CO.ID -Ketua Basuki Tjahaja Purnama (BTP) Mania, Immanuel Ebenezer dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait pernyataannya di salah satu stasiun televisi swasta. Immanuel dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena mengatakan kelompok 212 penghamba uang, dan tuannya adalah uang.

"Beliau katakan bahwa umat 212 itu penghamba uang dan tuan-tuanya adalah uang. Ini sangat menyakiti hati umat 212," kata Juru Bicara Presidium Alumni 212, Eka Gumilar di Polda Metro Jaya, Senin (4/2/2019).

Immanuel Ebenezer dilaporkan dengan nomor LP 701/II/2019/PMJ Ditreskrimum tertanggal 4 Februari 2019. Dia dilaporkan dengan pasal tentang penghinaan terhadap kelompok atau golongan, yang tertera dalam Pasal 156 KUHP. 

Eka Gumilar datang ke Polda Metro Jaya dengan membawa beberapa barang bukti. Salah satunya adalah bukti video dimana Immanuel menyebutkan pernyataan yang dianggap melukai hati umat muslim itu.

"Saya optimistis sekali kepolisian akan bijaksana dan profesional akan membantu kita memproses laporan kita," ujarnya.

Meski merupakan jubir Presidium Alumni 212,  Eka Gumilar melaporkan Immanuel atas nama pribadi. Dia menegaskan acara 212 tidak berorientasi pada uang dangan bukti adanya tokoh-tokoh besar yang menghadiri acara tersebut, semisal KH Ma'Arif Amin bahkan Presiden Joko Widodo.

"Sudahlah, jangan membuat statement yang sensitif, memprovokasi, dan memperkeruh suasana. Terlepas dari bulan dan tahun politik saat ini, saya kira pernyataan itu berpotensi memecah belah persatuan bangsa. Tindakan kami melaporkan adalah tindakan yang baik dan benar agar hal-hal yang memang menyinggung perasan dan fitnah seperti ini dilaporkan sesuai anjuran Presiden (Jokowi), bila ada bukti tindak pidana maka laporkan, untuk itulah kami laporkan hari ini," katanya menyudahi.