BREAKINGNEWS.CO.ID - Sebastian Vettel terbilang gagal mengimbangi rival terberatnya di ajang Formula 1, Lewis Hamilton dalam sepanjang sesi latihan bebas GP Rusia 2018. Bahkan pada sesi kualifikasi yang berlangsung di sirkuit Sohci Autodrom, Sabtu (29/9/2018), Vettel harus puas berada di posisi ketiga atau tepat berada dibelakang duo pembalap Mercedes Veltteri Bottas dan Hamilton.

Skuat Maranello gagal memberikan perlawanan terhadap rival terberat mereka, Mercedes, sepanjang kualifikasi di Sochi. Perebutan pole pun menjadi ajang pertarungan antara dua mobil W09 yang dikemudikan Hamilton dan Bottas. Banyak yang mengira Hamilton akan melanjutkan momentumnya sejak latihan bebas kedua untuk merebut posisi terdepan. Tapi secara mengejutkan adalah Bottas yang pada akhirnya memimpin start 1-2 Mercedes untuk balapan Minggu (30/9).

Sementara Vettel harus puas start dari posisi ketiga dengan jarak setengah detik di belakang Bottas. Meski ini berarti ia harus berjuang lebih keras untuk memangkas selisih 40 poin dari Hamilton, pembalap Jerman itu berusaha tetap optimistis. "Kita lihat saja mungkin sesuatu akan terjadi esok hari. Penting bagi kami untuk membuntuti mereka sedekat mungkin. Mereka cukup kencang," ujar Vettel usai kualifikasi.

"Besok balapan akan panjang, dan ban menjadi penting. Seharusnya kami bisa lebih dekat, tapi itu tidak cukup untuk mengancam mereka. Saya melakukan kesalahan kecil di sektor terakhir. Saya tahu harus memangkas setengah detik jadi saya harus mencoba, tapi itu tidak berhasil. Saya masih senang, karena mobil terasa baik dan itu membuat saya positif untuk Minggu,” jelas Vettel.

Grid ketiga yang akan ditempati Vettel adalah posisi yang ditempati Bottas pada balapan tahun lalu. Waktu itu Bottas melesat selepas start dan mampu menyalip Vettel sekaligus mengambil alih pimpinan di tikungan tajam pertama. "Saya bilang ke Valtteri dan mengingatkannya pada apa yang terjadi tahun lalu. Ini akan bergantung start dan luncuran awal," tambahnya.

"Setelah itu baru kita tahu posisi kita di mana dan melihat apakah ada yang bisa kita lakukan untuk tikungan pertama. Balapan besok akan berlangsung panjang dan menantang. Jika ada celah kita akan mencobanya," pungkasnya.