BREAKINGNEWS.CO.ID – Media penyimpanan atau biasa dikenal dengan storage adalah salah satu elemen yang begitu penting untuk komputer dan laptop, karena alasan yang pastinya sudah kalian ketahui dengan baik.

Oleh karena itulah, teknologi untuk membuat media dengan kemampuan penyimpanan besar menjadi seperti balapan di dunia produsen storage. Dan kali ini, Seagate sepertinya memenangkan kompetisi tersebut, karena mereka resmi mengumumkan hard disk berukuran 16TB pertama di dunia.

Ukuran tentu tentunya begitu luar biasa besar, meskipun bila dibandingkan dengan storage sebelumnya yang sempat menyentuh titik 14TB. Memang hanya berbeda 2TB saja, namun untuk menyimpan data, hal tersebut sangat penting dan tidak bisa dibandingkan dengan apapun.

Bayangkan saja berapa banyak film yang bisa kalian simpan bila kamu mendapatkan kuota storage sebesar 2TB. Dimensi hard disk yang dibuat oleh Seagate tersebut juga masih menggunakan form factor 3.5 inci yang umum digunakan saat ini.

Dengan begitu, setiap pengguna yang menggunakan laptop dan komputer dapat menggunakan teknologi baru tersebut. Namun sayangnya, Seagate mengatakan hard disk 16TB tersebut hanya akan dipasarkan untuk konsumen dari enterprise, atau perusahaan besar.

Wajar saja, karena perusahaan besar butuh media penyimpanan super besar, terutama untuk data penjualan, video pengawasan dari CCTV, dan juga beragam data penting lainnya.

Seagate sendiri sukses mencapai ukuran yang begitu besar dan tetap mempertahankan dimensi hard disknya sama seperti yang lain disebabkan oleh digunakannya teknologi penyimpanan dengan kepadatan tinggi.

Disamping itu, teknologi dengan nama Heat Assisted Magnetic Recording, atau disingkat HAMR memadatkan data menjadi lebih kecil dan lebih banyak jumlahnya dalam satu titiknya, bila dibandingkan dengan hard disk lain.

Berkat digunakannya piringan media magnetik berteknologi baru yang mampu memadatkan data itu, maka jumlah kapasitas penyimpanan bisa menjadi lebih besar. Pada saat bersamaan, data tersebut bisa pula dipertahankan kestabilan medan magnetnya, sesuatu yang cukup menakjubkan.

Menurut rencana Seagate, teknologi HAMR akan diimplementasikan ke dalam standar industri form factor saat ini. Dengan begitu, biaya untuk menyimpan data menjadi lebih kecil bila dibandingkan dengan menggunakan beberapa media penyimpanan yang terpisah.