BREAKINGNEWS.CO.ID - Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan jika pilpres dan pileg di Pemilu 2019 dinilai penting. Untuk itu, dirinya dan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto hari ini menggelar pertemuan.

"Kami tentu ingin Pak Prabowo menang, tapi Demokrat dan Gerindra juga harus sukses di pileg," kata SBY dalam konferensi persnya dihadapan media di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jum'at (21/12/2018).

"Oleh karena itu, ini kesempatan penting setelah tiga bulan tak melakukan pertemuan. Kami punya pandangan bersama dalam peluang ini yaitu suksesnya Pilpres dan Pileg," ujar SBY.

Dalam menyukseskan pileg dan pilpres, SBY pun tak menampik jika dibutuhkan sinergi, koordinasi dan kerjasama yang baik.

"Inilah strategi kami untuk memenangkan pemilu. Tadi kami juga sepakat mulai Januari hingga April 2018, akan fokus utamanya adalah Pak Prabowo untuk menjelaskan kepada rakyat yang akan memilih nanti siapa presiden dan wakil presidennya. Yang akan disampaikan lebih pada visi misi serta program untuk memenuhi harapan rakyat," terangnya.

"Saya sampaikan ke Pak Prabowo, menurut Demokrat setelah keliling daerah apa yang diharapkan rakyat dipenuhi. Saya senang kampanye Pak Prabowo pada Januari akan lebih fokus pada solusi atau jawaban untuk kebutuhan rakyat," imbuhnya.

Presiden ke-6 RI itu menambahkan, menurut pengamatannya dalam tiga bulan terakhir, dalam konteks pilihan presiden tak banyak ruang rakyat mendengarkan apa yang diinginkan. Adapun hal itu diyakini kurangnya minat media dalam meliput hal tersebut.

"Tentu ini bertentangan dengan apa yang ditunggu rakyat. Indonesia ke depan mau diapakan? Kami sekapat tadi akan lebih fokus kesana," tegas orang nomor satu di Demokrat itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan mengatakan jika pertemuan antara capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dengan Ketum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) teratur dan terjadwal. Menurutnya, pertemuan kali ini akan membahas soal menghadapi Pilpres 2019.

"Kalau main bola sudah babak pertama. Mau kita buat Januari-April 2018, terjadwal terus tiap bulan. Ini adalah agenda penting, karena SBY dan Demokrat sudah keliling Jawa, Pekanbaru, banyak informasi dan data yang kita dapat. Kemarin malam saya diminta ketemu pak Prabowo, saya dan pak Muzani (Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani) pun diskusi," kata Hinca kepada wartawan saat ditemui di Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jum'at (21/12/2018).

Menurutnya, pertemuan antara kedua tokoh tersebut selalu dilakukan. Namun, kata Hinca, pertemuan kali ini berbeda dan dilakukan terjadwal.

Terkait dengan strategi yang akan digunakan Demokrat dalam mengkampanyekan Prabowo-Sandi jelang pilpres kali ini, Hinca mengatakan jika perlu diatur adanya endurance. Hal itu dilakukan untuk melakukan sprint jarak terkahir.