Xiaowen serta suaminya bangun pada pagi hari, ia merasakan suhu badan anaknya begitu tinggi bahkan juga anak itu terlihat demikian lemah, selekasnya anak itu dilarikan ke rumah sakit paling dekat. Awalannya mereka menduga kalau itu hanya demam umum, waktu anak mereka sadar, dokter menyampaikan kalau terlah berlangsung kegagalan organ anaknya, serta ini akan meneror jiwa anak, waktu mendengar itu, Xiaowen nyaris pingsan. Ia sudah demikian hati-hati dalam melindungi anaknya, bagaimana mungkin saja dapat ada penyakit yang demikian serius? Kalimat dokter itu sungguh sudah mengagetkannya.

 


Dokter menyampaikan pada Xiaowen, anak itu menanggung derita sindrom lembab. Waktu musim dingin tiba, banyak orangtua yang takut bila anak-anaknya bakal masuk angin, hingga siang hari juga dibungkus dengan sweater yang tidak tipis, mantel serta terbungkus dengan juga selimut tidak tipis untuk tidur pada malam hari, ditambah dengan orang dewasa yang juga tidur di kamar yang sama sampai tutup jendela. Itu sama juga dengan anak yang tinggal di " musim panas buatan manusia "! Terlebih untuk bayi yang kurang dari 6 bln., lingkungan yang panas, berkeringat sesungguhnya rasakan hal yang begitu bertolak belakang dengan yang dirasa orang dewasa. Hingga dalam soal ini, anak-anak bakal mulai demam tinggi berkelanjutan serta anak alami kekurangan oksigen yang harusnya mengalir ke jaringan otak. Ini bukan sekedar membahayakan bayi namun dapat juga meneror nyawanya.

 


Mulai sejak lahir, Xiaowen tidak pernah meninggalkan bayinya, karna takut bayinya kedinginan, dirumah sudah dipasang pemanas sentral, dia membungkus bayinya dengan dua lapis selimut tidak tipis. Xiaowen kerap terbangun sekian kali pada malam hari karna takut bayinya menendang selimut pada malam hari. Ini semuanya berlangsung bukanlah karna Xiaowen kurang cermat, namun karna ia tidak tau apa bahaya dari tindakannya itu, yang mana anaknya jadi nyaris kehilangan nyawanya. Waktu lihat anaknya sadar serta tengah berbaring di inkubator, dia begitu tertekan serta menyesal. Sekian kali ia berdiri di depan kaca serta meneriakkan nama anaknya sembari menangis.

 


Peristiwa ini dapat adalah peringatan untuk ibu-ibu, janganlah memberi kehangatan yang terlalu berlebih pada anak-anakmu waktu musim dingin. Serta untuk bayi yang baru lahir sebaiknya bila ia tidak tidur sempit-sempitan dengan orang tuanya, bayi tidak tahan bakal panas. Janganlah menggunakankan kain atau selimut yang terlalu berlebih pada anak karna kemampuan pernapasan anak bakal terganggu serta tentunya janganlah membungkus anak yang baru lahir sangat ketat, sisakan ruangan ventilasi untuk anak.

 

Mudah-mudahan artikel ini berguna ya, teman dekat Cerpen! Di berbagi yuk!

Tag