BREAKINGNEWS.CO.ID - Akibat salah seorang keluarganya positif terpapar virus Corona, sebanyak 14 orang menjalani isolasi mandiri di Mushala Baitul Salam, RW 06, Kelurahan Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat, Jumat (29/5/2020).

Isolasi dilakukan di salah satu lantai di tempat mushala yang tempatnya sudah disusun khusus bagi para Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Ketua RW 06 Saad menceritakan awal mula kejadian, kala itu salah satu warga dinyatakan positif berdasarkan hasil Swab.

"Saya dapat kabar dari pihak kelurahan itu malam pas malam takbiran, waktu Sabtu (23/5/2020)," ucap Saad dikonfirmasi, Jumat (29/5/2020).

Saat itu warga yang dinyatakan positif langsung dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 di Wisma Atlet, Kemayoran.

Sedangkan 14 orang lainnya yang tinggal satu rumah keesokan harinya langsung di evakuasi ke Mushala usai shalat Id.

"Jadi selesai shalat Id dipindahkan dari rumah ke mushala sampai sekarang yang 14 orang. Semua warga RW 06 karena mereka tinggal 1 rumah ada 3 keluarga yang jumlahnya sekitar 15 orang," ujar Saad.

Penempatan 14 warga ke mushala sendiri bukan tanpa sebab, Saad menilai lokasi rumah mereka kurang layak.

Dari situ baru atas musyawarah warga lainnya, ke 14 warga ODP dipindahkan ke mushala.

"Ya kita ambil cepat saja karena memang kondisi yang punya rumah juga kurang layak makanya saya pindah ke mushala lantai atas gitu bagi 14 orang. Kalau yang positif sudah di bawa ke Wisma Atlet," ucap Saad.

Menurut Saad dukungan warga sekitar bagi ke 14 warga yang ODP terus mengalir.

Para warga terus memberikan motivasi kepada mereka selama masa isolasi mandiri.

Sementara itu, ditempat terpisah Camat Tambora Bambang sudah mengetahui hal tersebut. Usai dipindahkan ke Mushala, ke 14 warga langsung dilakukan rapid test.

"Sudah dilakukan rapid, tinggal menunggu hasil," ujar Bambang.

Berdasarkan data dari Pemprov DKI Jakarta di Kecamatan Tambora pada Kamis (28/5/2020) pukul 09.00 WIB sebanyak 124 orang dinyatakan positif Covid-19, 24 orang dirawat, 85 orang isolasi mandiri, 5 orang sembuh, dan 10 orang meninggal.

Sedangkan di Kelurahan Tanah Sereal, 16 orang dinyatakan positif, 3 orang dirawat, 10 orang isolasi mandiri, belum ada yang sembuh, dan 3 orang meninggal dunia.