BREAKINGNEWS.CO.ID - Malam puncak penghargaan kepada insan musik tanah air Anugerah Musik Indonesia ke-21 akan kembali digelar pada 26 September 2018 yang bertempat di Ecovention Ancol, Jakarta Utara. Dalam gelaran kali ini, Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) selaku penyelenggara ajang tahunan itu mengumumkan bahwa akan ada satu kategori baru.

Pada tahun ini, Anugerah Musik Indonesia mengusung tema #SatuMusikIndonesia, sebagai langkah AMI untuk menyatukan beragam genre Tanah Air. Tema ini menjadi seruan bagi kondisi Indonesia saat ini. Maknanya, sudah bukan saatnya lagi terbelah oleh perbedaan.

Perbedaaan harus dimaknai agar semua bekerja sama demi kemajuan musik Indonesia. Mengingat, kategori musik dari mainstream dan sidestream sudah semakin melebur atau yang biasa dikenal dengan major dan indie label. Dan untuk para peserta yang ikut dalam AMI awards juga meningkat drastis. Sebanyak 1.917 karya musisi telah masuk dalam daftar.

“Tahun ini kita punya tema, yang saya kira tepat, #satumusikindonesia. Musik selalu menyatukan kita, tidak ada urusan pemilihan politik. Tahun ini perserta karya produksi yang masuk didaftarkan ada 1.917 (entry) itu terbanyak, kalau tahun lalu 1.071. Artinya, dunia industri musik tidak pernah kering. Dan ini dapat dibuktikan oleh tim sidang kategorisasi,” ujar Dwiki Darmawan selaku ketua YAMI saat jumpa pers AMI 2018 di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada Kamis (30/8/2018).

“Dan tentunya perbedaan major dan indie polarisasi telah menipis, makanya kita ambil hastag itu,” sambungnya.

Tidak hanya itu, Dian HP selaku juri kategorisasi menilai bahwa tahun ini jumlah karya yang terdaftar dalam AMI Awards cukup banyak. Bahkan dari segi genre baru pun banyak didapat oleh Dian HP dan kawan-kawan.

"Yang baru untuk tahun ini, ada satu kategori tambahan yakni Karya Produksi Aransemen Terbaik, jadi lagunya lagu lama tapi dengan aransemen terbaru," ungkap Dian HP, salah satu juri di AMI Awards dalam jumpa pers yang disiarkan melalui akun Instagram, Kamis (30/8/2018).

Dari pihak RCTI yang akan menyiarkan langsung Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2018 yang diwakili oleh Untung Pranoto selaku VP Production, menyebut, bahwa ini satu bentuk dukungan RCTI pada industri musik Indonesia. Dan lewat AMI Awards diharapkan musik di Indonesia lebih dikagumi.

“Pengen mambawa musik lebih menyatu, untuk memajukan industri musik Indonesia. Kalau kita berkarya atau berkontribusi, kita menghargai musik juga, Indonesia harus jadi tuan rumah dan membanggakan musik Indoensia,” tutup Untung.

Seperti diketahui, Anugerah Musik Indonesia atau AMI Awards akan menghadirkan 48 kategori bergengsi. Dan di dalamnya terdapat musisi-musisi dari major label hingga indie.