BREAKINGNEWS.C0.ID –  Presiden Joko Widodo juga menyumbangkan sapi untuk kurban di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Sapi super itu pada Idul Adha Minggu (11/8/2019) disumbangkan Jokowi ke Masjid Ribaathul Quluub, Kota Bitung. Sapi ini memiliki berat sekitar 750 kilogram. Sapi dibeli dari di Desa Tounelet, Kecamatan Langowan Barat, Kabupaten Minahasa, dengan pemilik sapi bernama Kumolontang.

Sapi jantan warna putih yang disumbangkan oleh Jokowi itu memiliki panjang badan 167 sentimeter, tinggi 147 sentimeter, dan lingkar dada 215 sentimeter. Sapi super ini terlihat sehat, tegap, dan berotot. Tubuh sapi terlihat begitu bongsor.

Menurut Rahmat Loleh, Kasubag Agama Biro Kesra Pemprov Sulut, sapi itu dibeli oleh Jokowi dan dibayarkan langsung. Rahmat tidak tahu persis harga dan jenis sapi yang disumbangkan Jokowi. "Karena yang bayar langsung dari Jakarta kepada peternak sapi," ujarnya, Jumat (9/8/2019).

Menurut Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Provinsi Sulut, Kartika Devi Tanos tahun ini Pemprov Sulut menyiapkan 30 ekor sapi. Salah satunya berasal dari sumbangan Jokowi.  "Satu ekor sapi dari Presiden Jokowi," katanya.

Untuk bantuan 30 ekor sapi dari Pemprov Sulut, itu dibagikan ke masjid di 15 kabupaten dan kota di Sulut. Bantuan sapi ini langsung dibawa, tapi ada juga perwakilan masjid yang datang langsung.

Penyaluran bantuan sapi itu dilakukan di halaman belakang Kantor Gubernur Sulut, Jumat ini sekitar pukul 09.00 Wita. Ada beberapa perwakilan masjid menjemput langsung sapi-sapi yang disumbangkan.

Kurban di Kendari

Sementara di Kendari, Sultra, Jokowi membeli sapi kurban seharga Rp 45 juta. Sapi seberat 750 kg itu dibeli dari peternak bernama Ismail, warga desa Cialam Jaya, Kecamatan Konda, kabupaten Konawe Selatan, Sultra.

Awalnya Ismail, tak menyangka sapi yang telah dipeliharanya sejak empat tahun lalu dibeli Presiden Joko Widodo ( Jokowi) untuk hewan kurban. "Senanglah, bagaimana Presiden yang beli sapiku melalui Biro Kesra dan Kemasyarakatan Provinsi Sulawesi Tenggara," kata Ismail di kandang sapinya, Selasa (6/8/2019).

Uang dari hasil pembelian sapi ini nanti akan diputar kembali untuk modal peternakan sapi dan membeli bibit sapi yang sama. Rencananya, sapi kurban Presiden ini akan disembelih pada Idul Adha di Pondok Pesantren Gontor Putri di Desa Lamomea, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan.