BREAKINGNEWS.C0.ID –  Sapi jenis ongole yang menjadi  hewan ternak  kesayangan bagi Keluarga Idil Fitriansyah, akhirnya harus direlakan. Sapi hasil budi daya peternakan Dwi Karya di Jalan Pangeran Ayin, Kota Palembang, Sumatera Selatan, ini dibeli Presiden Joko Widodo untuk disumbangkan sebagai hewan kurban pada Idul Adha, Minggu (11/8/2019).

Sapi ini disumbangkan  Jokowi untuk masyarakat di Palembang, Sumatera Selatan. Sapi seberat 1,1 ton ini akhirnya dikurbankan di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, saat Idul Adha.

Idil Fitriansyah, pemilik sapi,  menuturkan, perwakilan dari Istana Presiden sebelumnya datang pada Senin (15/7/2019) untuk membeli sapi tersebut seharga Rp 85 juta. Idil mengaku sempat tak menyangka sapi yang telah ia pelihara dari umur dua tahun tersebut dipilih presiden untuk dikurbankan.

"Katanya sapi ini gagah dan besar, jadi dipilih oleh presiden untuk dikurbankan di sini. Umur sapi sekarang sudah 10 tahun," kata Idil, Rabu (24/7/2019). Sapi ini memang sangat istimewa sehingga layak jadi hewan kurban bagi Presiden Jokowi.

Sapi milik Idil ini dipelihara dengan sangat baik baik makanan, nutrisi dan vitaminnya. Dalam satu hari, pakan ternak yang disiapkan oleh Idil mencapai 100 kilogram untuk sapi tersebut. Pakan itu berupa ampas tahu, ampas uni, dedak, kulit nanas, dan vitamin. Sapi jenis ongole tersebut merupakan salah satu dari hewan ternak yang sangat disayangi oleh keluarga Idil. Bahkan, keluarga sempat bingung untuk menjual sapi tersebut.

"Ayah saya sangat sayang dengan sapi ini karena penurut. Antara bingung juga kemarin mau jual atau tidak. Tapi akhirnya dijual karena kami merasa bangga yang membeli adalah Presiden," ujarnya.