JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberi saran penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dievaluasi. Hal tersebut berkaitan dengan banyaknya keluhan siswa terkait sulitnya soal UNBK. "Ya kita harus evaluasi dan tentunya beri masukan yang baik," kata Sandiaga di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (22/4/2018).

Sandiaga mengharapkan ke depannya penyelenggaraan ujian nasional tidak menjadi beban untuk para siswa. Terlebih, dalam hal beban psikologis. "Jangan buat tambah stres untuk para peserta," ujarnya.

Sandiaga mengaku Pemprov DKI akan ikut mengevaluasi penyelenggaraan UNBK. Dengan evaluasi itu, ia mengharapkan bakal ada perbaikan dalam sistem penyelenggaraan ujian nasional. "Jadi nanti kita evaluasi dan beri masukan (ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, banyak siswa yang mengeluhkan sulitnya soal UNBK. Di antara mereka ada yang menyampaikan curhat lewat media sosial.

Keluhan itu mereka sampaikan di kolom komentar Instagram yang berkait dengan Kemendikbud seperti @kemdikbudri, dan @pustektekkom_kemdikbud. Di antara mereka banyak mengeluhkan sulitnya soal di pelajaran matematika, fisika, serta kimia. Mereka menganggap soal yang didapatkan tidak kontekstual serta aplikatif.