JAKARTA - Cina adalah pasar smartphone yang paling unik di dunia, pembuat ponsel dapat menjadi pemimpin penjualan global tanpa pernah menginjakkan kaki keluar perbatasan Cina, dan penantang pemula bisa saja dengan tiba-tiba meledak popularitas entah dari mana. Aspek terakhir ini menjadi lebih sulit untuk saat ini, bagaimanapun, sebagai data terbaru dari Kantar Worldpanel menunjukkan bahwa lima vendor ponsel terkemuka Cina menjadi kelompok yang lebih solid dan dominan.

Sementara Samsung dikabarkan telah tersingkir dari posisi lima besar penguasa pasar di kawasan Cina. Temuan ini berdasarkan laporan dari lembaga riset pasar Kantor Worldpanel yang menyebut Huawei, Xiaomi, Apple, Vivo, dan Oppo sebagai pemain dominan pasar smartphone di Cina dengan persentase mencapai 91 persen. Jumlah ini meningkat 79 persen dari pencapaian tahun sebelumnya.

Kelima brand itu tersebut telah menyingkirkan ZTE, Meizu, dan Lenovo yang sebelumnya juga mengisi persaingan pasar ponsel pintar di Cina. Dalam laporannya, analis Kantar Worldpanel menyebut bahwa kinerja Samsung di Cina terus memburuk, dengan pangsa pasar hanya 2,2 persen saja.