BREAKINGNEWS.CO.ID – Produsen smartphone asal Korea Selatan, Samsung tengah bekerja sama dengan dua operator asal Amerika Serikat yakni, AT&T dan Verizon, untuk meluncurkan smartphone 5G pertamanya pada awal tahun 2019 mendatang.

Akan tetapi, Samsung masih merahasiakan apa nama perangkat terbarunya tersebut. Namun diduga jika Samsung akan meluncurkan smartphone 5G pertamanya itu adalah Galaxy S10.

Belum lama ini, Samsung memang dikabarkan akan membawa varian 5G dari Galaxy 10 ke Amerika Serikat. Dan satu hal yang pasti, prosesor yang digunakan pada smartphone 5G tersebut adalah Snapdragon 855 yang baru saja diluncurkan oleh Qualcomm.

Presiden Qualcomm ketika memamerkan ponsel prototipe 5G dari Samsung (Foto: Dok.Twitter)
Presiden Qualcomm ketika memamerkan ponsel prototipe 5G dari Samsung (Foto: Dok.Twitter)

Dalam acara Qualcomm Tech Summit yang diadakan di Maui, Hawaii, Verizon menampilkan demonstrasi smartphone 5G Samsung. Verizon sendiri merupakan salah satu keunggulan jaringan 5G jika dibandingkan dengan 4G adalah kecepatannya yang lebih tinggi.

Dan untuk menunjukkan kemampuan jaringan 5G, Verizon melakukan streaming video 4K. Namun sayangnya, kecepatan dari jaringan dalam demonstrasi ini tidak ditunjukkan lebih rinci.

Justin Denison selaku SVP Mobile Product Strategy and Marketing, Samsung Electronics America mengatakan jika ponsel yang didemonstrasikan kali ini masih berupa prototipe. "Ini menjadi smartphone 5G pertama dengan Snapdragon 855," ungkap Justin.

Selain itu, ia juga menjelaskan jika ponsel 5G ini akan bisa digunakan untuk banyak hal, mulai dari mengunduh video resolusi tinggi dalam waktu cepat dan melakukan video call dengan gambar yang lebih jernih, audio yang lebih baik, dan tanpa lag atau jeda.

Pada akhir pekan lalu, salah satu operator telekomunikasi Korea Selatan mengumumkan jika mereka akan bekerja sama dengan Samsung untuk meluncurkan ponsel 5G. CEO SK Telecom, Park Jung-ho dikabarkan telah mengetes jaringan 5G perusahaannya dengan ponsel prototipe dari Samsung.

"Saya merasa bangga dengan panggilan video pertama menggunakan smartphone 5G ini. Panggilan ini jauh lebih jelas dari LTE dan responsnya cepat,” jelas Park seperti dilansir dari The Korea Herald.