JAKARTA - Dua minggu setelah beredar rumor Apple sedang mengembangkan headset AR/VR nirkabel, muncul laporan bahwa Samsung sedang mengembangkan headset serupa. Seperti dilansir dari The Korea Times, Minggu (6/5/2018), Samsung bekerja sama dengan Microsoft mengembangkan headset performa tinggi yang bisa mendukung teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Berbeda dengan headset buatan Apple yang akan diluncurkan pada 2020, Samsung berencana memperkenalkan headset miliknya pada IFA yang diadakan di Berlin pada Agustus mendatang. "Samsung Electronics sedang mengembangkan headset premium nirkabel yang mendukung baik teknologi VR dan AR," katanya. "Pastinya, Samsung berencana untuk menggunakan prosesor, layar OLED dan sensor buatan sendiri."

"Yang lebih penting lagi, Microsoft telah menurunkan jumlah royalti karena mereka mengambil pendekatan bermacam-macam untuk menyediakan ekosistem yang kaya akan game dan aplikasi yang akan menarik para pengguna."

Sayangnya, hingga saat ini, belum ada informasi lain terkait headset yang hendak Samsung buat. Selama ini, Samsung sering gagal memenuhi target peluncuran yang mereka buat sendiri. Misalnya Bixby yang terus diundur.

Namun, dengan bantuan Microsoft, kemungkinan, headset AR/VR ini akan diusahakan diluncurkan secepatnya, terutama karena Microsoft juga tengah mendorong penggunaan platform Mixed Reality buatan mereka.