BREAKINGNEWS.CO.ID - Menyambut hari jadinya yang ke 100 tahun Bentley merayakan dengan merilis prototipe mobil baru, EXP 100. Model ini adalah sebuah mobil konsep yang semuanya bertenaga listrik, ramah lingkungan. Mobil ini disebut pabrik mobil asal Inggris ini sebagai "perwujudan fisik dari merek Bentley masa depan." 

"Bentley EXP 100 GT mewakili jenis mobil yang ingin kami buat di masa depan," kata kepala desain Stefan Sielaff, dalam rilis baru menjelang debut resmi EXP 100 pada Rabu (10/7/2019). "Seperti Bentleys masa lalu yang ikonik itu, mobil ini terhubung dengan emosi para penumpangnya dan membantu mereka mengalami dan menjaga kenangan perjalanan yang benar-benar luar biasa yang mereka ambil." 

Meskipun tetap menggunakan isyarat Bentley klasik, dimulai dengan ornamen tudung “Flying B”, EXP 100 menandai perubahan signifikan dari jenis produk yang tenang dan berat yang telah lama dikaitkan dengan merek tersebut. Untuk satu hal, ia mengadopsi powertrain semua-listrik dengan kisaran sekitar sekitar 440 mil per charge dan dapat beroperasi dalam mode otonom atau manual. Mobil konsep juga memperkenalkan tekstil "seperti kulit", kayu asli dan cat yang terbuat dari sekam padi daur ulang.

Bentley telah mengalami beberapa perubahan besar sejak memisahkan diri dari saudara kandungnya, Rolls-Royce dua dekade lalu. Sekarang merek puncak untuk Volkswagen, perusahaan induk mereka, memperluas jajaran produk-produknya seperti Flying Spur, Continental GT dan juga Bentayga, SUV yang sekarang menjadi penjual terbesar.
Penjualan Bentley naik hampir sepuluh kali lipat sejak 2003. Mereka menjual 9.560 kendaraan tahun lalu, meskipun permintaan turun dari puncak 2016 di 11.300. Mobil EXP 100 dimaksudkan untuk mengatur panggung untuk jenis produk yang diharapkan Bentley akan memicu permintaan lagi.

Seperti merek mewah kelas tinggi lainnya, perusahaan ini menghadapi banyak tantangan, termasuk emisi global baru dan mandat ekonomi bahan bakar, seperti Kendaraan Energi Baru China, atau NEV, standar yang mendorong pembeli di pasar terbesar Bentley untuk beralih ke kendaraan tanpa emisi. Bentley hanya sebagian mengatasinya dengan versi hybrid plug-in dari Bentayga.

Ke depan, diharapkan untuk berinvestasi besar dalam penggerak baterai, seperti paket opsi hibrida untuk Bentayga, serta model mobil listrik total. EXP 100 memberikan petunjuk luas tentang sistem driveline yang akan digunakan oleh sedan, coupe dan SUV generasi mendatang Bentley. Motor di gardan depan dan belakang akan menyediakan sistem penggerak semua roda listrik dengan vektor torsi - teknologi yang membantu mobil menyetir melalui tikungan ketat dengan mengalihkan daya ke roda luarnya.

Intinya, ini mobil diciptakan sangat berkelas, efisien dan tentu saja ramah lingkungan. Hanya saja harganya hingga kini belum disinggung sama sekali oleh pihak Bentley.