BREAKINGNEWS.CO.ID - Puluhan nasabah Bank Mandiri di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau,  dilanda kepanikan. Penyebabnya, saldo tabungan mereka mendadak hilang dan kosong serta tak bisa melakukan transaksi.

"Saya cek di ATM dan internet banking Mandiri, saldo saya jadi nol rupiah," kata seorang nasabah bernama R. Andika Permana di Pekanbaru, Sabtu (20/7/2019).

Seperti dikutip dari laman Antaranews.com, Andika mengalami hal tersebut saat akan mengambil uang di ATM pada Sabtu pagi.  Pada mesin ATM tertulis bahwa saldo tabungannya tidak mencukupi, dengan angka tertera nol rupiah.

Ketika dicek dengan internet banking, ia juga mendapatkan jawaban yang sama. Panik, ia langsung menuju kantor Bank Mandiri di Jl. Sudirman Kota Pekanbaru.

"Selama diperjalanan saya telepon layanan call center Mandiri di nomor 14000 tapi tidak ada yang angkat," katanya.

Sesampainya di kantor Bank Mandiri di depan Mal Pekanbaru di Jl. Sudirman, ia melihat sudah banyak nasabah yang mengadu karena kasus yang sama.

"Ada yang duitnya tiba-tiba hilang Rp30 juta. Kalau tabungan saya ada belasan juta, dan itu mendadak jadi nol rupiah padahal tidak ada transaksi sebelumnya," kata Andika.

Ia mengatakan pihak bank yang diwakili oleh seorang sekuriti Bank Mandiri menyampaikan pengumuman kepada nasabah bahwa telah terjadi gangguan sistem. Pihak bank memastikan uang nasabah tidak berkurang, dan kondisi akan normal diperkirakan pada siang hari di atas jam 12 siang.

"Tapi tetap saja saya dan nasabah lain tetap menunggu di bank karena ingin memastikan uang kita aman," katanya.

Ia menyayangkan respon Bank Mandiri terhadap masalah ini kepada pelanggan kurang cepat.

Mandiri Bantah Dana Nasabah Berkurang

Sementara informasi dari  Bank Mandiri menyebutkan, mereka sedang melakukan pemeliharaan sistem teknologi informasi untuk perbaikan layanan dan tidak ada pengurangan saldo dana nasabah.

"Kami mohon maaf karena kendala ini, saat ini sedang kami investigasi. Bapak Ibu tidak perlu khawatir karena kami pastikan tidak ada dana Bapak Ibu yang berkurang," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas di Jakarta, Sabtu.

Rohan mengatakan proses normalisasi data terkait pemeliharaan sistem ini masih berlangsung dan dapat selesai dalam waktu tidak lama lagi.

"Karena saat ini proses normalisasi datanya sedang berjalan, Bapak Ibu bisa secara berkala memeriksa saldonya melalui e-channel kami," katanya.

Sebelumnya, dalam cuitan dalam laman media sosial twitter yang dipantau di Jakarta, Sabtu pagi, terdapat nasabah Bank Mandiri yang meminta penjelasan atas berubahnya saldo rekening.

 

Terdapat nasabah yang mengaku saldo di rekeningnya bertambah secara drastis dan nasabah yang tiba-tiba mendapati saldonya menjadi angka nol.