BREAKINGNEWS.CO.ID -  Sabilulumpat Color Run 2019 segera digelar. Memasuki tahun ke-3, rangkaian kegiatan dikemas sedikit berbeda.  Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Agus Firman Zaini mengatakan, Sabilulumpat Color Run 2019 akan digelar pada 25 Agustus mendatang. Lokasi kegiatan dipusatkan di kawasan Dome Balerame Sabilulungan, Soreang. Event yang sudah dilaksanakan sejak 2017 ini diharapkan dapat meningkatkan indeks kebahagian masyarakat setempat.

"Sabilulumpat Color Run sudah menjadi agenda tahunan. Alhamdulillah, setiap tahun selalu terjadi peningkatan peserta. Awal digelar tahun 2017, peserta hanya 2.000 orang. Kemudian tahun 2018 meningkat seribu menjadi 3.000 peserta. Tahun ini, kita targetkan peserta lebih dari 5.000 orang,” ujarnya, Senin (19/8).

Agus optimis kegiatan tahun ini semakin meriah. Sebab, ada merger event atau event gabungan yang terselenggara dengan beberapa dinas. Seperti Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), serta Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bandung.

“Bersama Diskominfo, kita mengadakan Sabilulungan Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi atau SAFETIK. Ada juga Lomba Startup, e-Sport, Web Desa, Pertunjukan Untuk Rakyat (Petunra), dan hal-hal yang berkaitan dengan digital,” jelasnya.

Sedangkan dengan DP2KBP3A, akan mengkolaborasikan event Sabilulumpat Color Run dengan Hari Keluarga Nasional (Harganas). Pada acara ini, diundang seluruh keluarga di Kabupaten Bandung untuk lari bersama, penuh warna dengan keluarga. “Kita jadikan kegiatan ini sebagai event family day,” bebernya.

Selain merger event, Disparbud Kabupaten Bandung juga akan mengadakan Culinary Festival.

“Untuk Culinary Festival, akan ada demo masak dan Cooking Class dari Chef Juna .

Untuk lebih memeriahkan acara, panitia juga mengundang artis-artis ibukota yang akan menghibur para pengunjung di pangung utama. Kali ini, akan tampil grup band Geisha dan pedangdut Jenita Janet.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, color run adalah olahraga hiburan yang sejauh ini sangat disukai kaum millenial. Di sini, peserta bisa gembira bersama sambil bermain serbuk aneka warna. Selain itu, masyarakat juga bisa mengajak keluarga untuk mengunjungi wisata edukasi di sekitar lokasi kegiatan. Antara lain Science Center, Kaulinan Urang Lembur (permainan tradisional), dan wahana 3D art gallery.

“Ini adalah kegiatan yang bersifat menghibur. Silakan datang ke lokasi dan temukan kegembiraan bersama keluarga, teman, relasi, dan lain-lain. Diawali dari partisipasi masyarakat sekitar, lama-lama akan berkembang menjadi event pariwisata yang dikenal masyarakat luas,” tandasnya.