BREAKINGNEWS.CO.ID - Tunggal putri Indonesia, Fitriani melaju ke babak semifinal Thailand Masters 2019. Hasil itu didapat setelah menang dramatis atas wakil Singapura, Jia Min Yeo. Berlaga di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand, Jumat (11/1/2019), Fitriani menang dalam pertandingan tiga set 14-21, 21-15, 21-18

Fitriani membuka laga gim kesatu dengan baik. Setelah unggul 2-1, dia langsung tancap gas untuk memimpin skor 6-1 atas Yeo. Keunggulan ini berlanjut hingga mencapai fase interval dalam kedudukan 11-8. Akan tetapi, selepas interval, keunggulan Fitriani mulai terkikis. Setelah imbang dalam kedudukan 13-13 dan 14-14, Fitriani tak lagi bisa membendung laju Yeo.

Dia pun kalah karena Yeo mampu memetik tujuh poin berikutnya secara beruntun. Fitriani tampil lebih agresif setelah tertinggal satu set Fitriani mulai bisa memegang kendali permainan. Dia pun berturut-turut memimpin skor 9-5 dan 11-8. Selepas interval, Fitriani terus menjaga irama permainannya. Tanpa menemui kesulitan berarti, Fitriani pun mengunci kemenangan gim kedua. Pada gim ketiga, duel antara Fitriani dan Yeo berjalan sengit.

Sejak perebutan poin pertama, kedua pemain Asia Tenggara ini terus terlibat aksi saling kejar poin. Keduanya sempat memiliki poin sama 17-17. Selepas itu, Fitriani mampu melepaskan diri dari tekanan Yeo dengan memenangi tiga poin beruntun. Selepas pertandingan, Fitriani mengungkapkan, kesabaran menjadi kunci utama kemenangannya.

"Saya bersyukur tadi bisa menampilkan yang terbaik, walaupun masih ada error. Ada motivasi untuk tahun ini bisa lebih menikmati permainan di lapangan dan bisa lebih fokus sehingga dapat hasil yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," ujar Fitri yang dihubungi di Bangkok.

"Secara permainan, lawan punya pukulan yang akurat, power nya juga bagus. Tadi saya menerapkan pola main reli dan begitu ada kesempatan langsung balik serang. Saya sengaja membuat lawan berlari mengejar bola ke sudut lapangan, saya lebih sabar, karena lawan adalah pemain yang ulet," sambungnya.

Di babak semifinal, Fitri akan berhadapan dengan Deng Joy Xuan dari Hong Kong. Laga esok menjadi pertemuan pertama bagi kedua pemain. Sementara Thailand memastikan satu tiket final dengan pertemuan dua wakil mereka di semifinal yaitu Busanan Ongbumrungphan melawan Pornpawee Chochuwong. "Untuk babak semifinal, saya lebih jaga stamina, fokus dan harus siap di lapangan," komentar Fitri soal laga semifinal besok.

Fitriani menjadi wakil pertama Indonesia yang menjejaki langkah di babak semifinal. Sebelumnya, dua wakil Indonesia lainnya yakni Firman Abdul Kholik (tunggal putri) dan Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow (ganda campuran) gagal melewati babak perempat final.

Firman kalah 15-21, 17-21 dari Lu Guangzu (China), sedangkan duet Akbar/Winny tumbang di tangan Tang Chun Man/Ng Tsz Yau (Hong Kong) dengan skor 19-21, 15-21.