BREAKINGNEWS.CO.ID -Ratna Sarumpaet, tersangka penyebaran pesan bohong atau hoax sudah dilimpahkan berikut barang bukti ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Saat diserahkan, Ratna Sarumpaet dalam kondisi sehat.

Saat dilimpahkan, Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Umar Shahab mengatakan tidak ada keluhan apapun dari Ratna saat diserahkan ke kejaksaan siang hari ini.

"Sampai kita serahkan ke kejaksaan tetap kita lakukan pemeriksaan kesehatan, sampai tidak ada keluhan," ucap Umar di Polda Metro Jaya, Kamis (31/1/2019).

Umar menyebut ada prosedur yang diterapkan pihaknya. Dimana mereka selalu melakukan prosedur pemeriksaan kesehatan pada tiap tersangka mulai dari masuk ruang tahanan sampai diserahkan ke kejaksaan.

"Saya sampaikan bahwa melalui prosedur yang biasa kita laksanakan kepada siapapun, baik mulai diperiksa sampai tersangka yang ada di Rutan Mapolda untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan. Dari mulai penyidikan sampai setelah P21," kata Umar.

Umar menjelaskan kondisi Ratna cukup prima diduga lantaran Ratna juga selalu mengkonsumsi vitaminnya sendiri selain rutin diperiksa kesehatannya oleh Biddokkes Polda Metro Jaya.

"Khusus Ibu Ratna Sarumpaet, tidak ada yang istimewa. Kebetulan beliau juga cukup prima, biasa konsumsi suplemen dan vitamin," ujarnya.

Diketahui, Ratna Sarumpaet ditahan polisi setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus hoax, Jumat, 5 Oktober 2018. Aktivis perempuan itu sempat menggegerkan publik karena mengaku diamuk sejumlah orang.

Kasus pesan bohongnya lantas dibongkar polisi. Lebam di wajah Ratna bukan akibat dipukul, melainkan akibat operasi sedot lemak di RSK Bina Estetika.

Atas perbuatannya, Ratna dijerat Pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 46 tentang Peraturan Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ratna terancam hukuman 10 tahun penjara.