BREAKINGNEWS.CO.ID - Rating PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau lebih dikenal dengan Pelindo III dalam hal investasi terus membaik. Hal ini terbukti dengan penilaian Standard and Poor’s (S&P) yang menaikkan penilaian grade Pelindo III dari semula BB+ kini menjadi BBB-. Kategori tersebut membuat Pelindo III kini menjadi kategori investment grade.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, tentu menyambut baik peningkatan tersebut. Doso Agung mengatakan rating ini menunjukkan Pelindo III sebagai salah satu perusahaan pelabuhan utama di Indonesia. Pelindo III juga terbukti mampu mempertahankan marjin yang stabil dan proteksi arus kas yang kuat.

"Rating ini mencerminkan potensi dukungan pemerintah pada Pelindo III karena kepentingan strategis dari pelabuhan," kata Doso Agung, Senin (3/6/2019). Selain itu Doso Agung menyatakan bahwa  peningkatan rating ini didukung oleh kondisi ekonomi Indonesia konsisten lebih baik dari pada negara-negara peers dengan tingkat pendapatan yang sama.

"Kenaikan rating S&P merefleksikan prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat sehingga diharapkan dapat mendukung ekspansi usaha dan industri pelabuhan. Pelindo III makin percaya diri karena dianggap memiliki kemampuan yang kuat untuk memenuhi komitmen keuangan dalam jangka panjang " ujar Doso Agung.

Sementara itu Direktur Keuangan Pelindo III, Iman Rachman, menyatakan rating S&P itu berdasarkan data dan informasi yang mereka peroleh dari Pelindo III serta laporan keuangan tahun 2018 dan proyeksi tahun 2019.

Alasan utama Pelindo III kini rankingnya membaik menjadi BBB-, menurut Iman Rachman lantaran adanya potensi dukungan pemerintah terhadap program pengembangan pelabuhan. Pelindo III merupakan salah satu pengelola pelabuhan utama di Indonesia. "Terlebih lagi, 100 persen saham Pelindo III dimiliki oleh pemerintah" kata Iman Rachman.

Untuk, rating Stable Outlook, mereka dinilai atas dasar kemampuan Pelindo III dalam menjaga stabilitas usaha yang dijalankan. Selain itu juga kemampuan  mengelola kas operasional perusahaan secara sehat. Menurut Iman rating yang baik ini akan terus dipertahankan. Bahkan Iman yakin dapat dinaikkan, jika Pelindo III bisa mewujudkan investasi yang telah dilakukan di proyek strategis, seperti di Terminal Teluk Lamong dan di Terminal Petikemas Surabaya.

"Bukan hanya itu, Pelindo III juga diharapkan mampu meningkatkan rasio keuangan secara bertahap," ucap Iman. Pengelolaan kas operasional yang sehat di Pelindo III juga dibarengi dengan peluang pertumbuhan arus peti kemas yang mencapai 8 persen dan pertumbuhan kunjungan kapal yang secara bobot dalam satuan gross tonnage (GT) naik 10 persen.