BREAKINGNEWS.CO.ID - Aktor Rutger Hauer, yang terkenal membintangi Blade Runner tahun 1982, meninggal pada usia 75. Hauer lahir pada 23 Januari 1944 di Breukelen, dekat Amsterdam, Belanda. Aktor film ini itu meninggal di Belanda pada Jumat (26/7/2019) setelah dirawat di sebuah rumah sakit seperti diungkapkan oleh agen dari aktor gaek ini.

Hauer pernah sukses memainkan seorang pembunuh bernama Roy Batty di Blade Runner. Film itu disutradarai oleh Ridley Scott dan juga dibintangi Harrison Ford. Karakter Hauer saat beradu acting dengan Harisson Ford pidato di film itu membuatnya menjadi terkenal. Dalam film tersebut Hauer juga ikut membuat dialog, yang ia tulis sendiri.

Beberapa cuplikan dialog tersebut antara lain: "Aku sudah melihat hal-hal yang kalian tidak percaya," (dia terlihat memberitahu Ford). "Serang kapal yang terbakar dari bahu Orion. Aku menyaksikan sinar-C berkilauan di kegelapan dekat Gerbang Tannhäuser. Semua momen itu akan hilang dalam waktu, seperti air mata dalam hujan. Waktunya mati."

Hauer dikutip mengatakan kepada pewawancara karakternya - yang hanya memiliki umur empat tahun - ingin "membuat tanda keberadaannya". "Replika di adegan terakhir, dengan mati," katanya, "menunjukkan kepada Deckard [karakter Ford] dari apa pria sejati itu dibuat."

Peran di Max Havelaar

Namun jauh sebelum mendapatkan peran antagonis di flim Blade Runner, Hauer juga pernah bermain di film produksi Indonesia yang penuh kontroveri “Max Havelaar”. Ia memerankan seorang tentara Belanda bernama “Duclari”.

Film "Max Havelaar" yang diproduksi pada 1976 masuk dalam film kontroversi.   Film arahan sutradara Fons Rademakers ini sempat dilarang penayangannya alias dicekal pada zaman Orde Baru. Film "Max Havelaar" adalah film hasil produksi bersama PT Mondial Motion Pictures (Jakarta) dan Fons Rademakers Productie B.V. (Amsterdam).

Hauer sangat terkenal karena peran horor dan vampir, yang dibintangi sebagai Van Helsing dalam Dracula 3D, dan sebagai vampir Barlow di lot Salem - sebuah seri mini 2004 dari novel Stephen King.

Di masa mudanya, ia bergabung dengan angkatan laut pedagang Belanda tetapi kembali ke Amsterdam pada tahun 1962. Ia belajar akting sebentar tetapi kemudian berhenti untuk bergabung dengan tentara. Dia kemudian kembali ke dunia akting dan mendapat terobosan besar pada tahun 1969 ketika dia berperan dalam peran judul serial TV Floris.

Penampilannya di Blade Runner sejauh ini merupakan perannya yang paling terkenal, tetapi ia terus berakting hingga tahun ini. Dia juga muncul di film-film Sin City, Batman Begins dan seri HBO True Blood.

Banyak produser film dan actor memberikan simpati kepada Hauer di media sosial. Sutradara Shape of Water Guillermo del Toro mengatakan Hauer telah membawa "kebenaran, kekuatan dan keindahan ke dalam film-filmnya".