BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Rusia berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Mereka lolos sebai runner up Grup A. Pada babak 16 besar, sang tuan rumah akan berhadapan dengan juara Grup B Spanyol di Stadion Luzhniki, Minggu (1/7/2018) pukul 21.00 WIB. Pertandingan ini akan menjadi gengsi tersendiri bagi Rusia. Bertindak sebagai tuan rumah kemenangan merupakan hal yang harus dicapai. Apalagi, babak 16 besar menggunakan sistem gugur, yang mana tim yang kalah akan tersisih. Maka dari itu, tentunya Rusia tak mau terlalu cepat menjadi penonton dalamhajatan terakbar empat tahunan ini.

Spanyol akan menjadi ujian sesungguhnya bagi Rusia. Mereka akan dinilai apakah lolos ke babak 16 besar sebagai kebetulan belaka atau memang karena kualtiasnnya. Rusia pada fase penyisihan meraih dua kemenangan dan sekali seri. Namun masalahnya, mereka menang atas lawan-lawan yang bisa dibilang kurang diunggulkan.

Pertama Rusia menang besar atas Arab Saudi 5-0. Setelah itu, mereka menang tak kalah meyakinkan atas Mesir 3-1. Hanya saja, pada partai perebutan juara grup dengan Uruguay, Rusia justru kena karma. Mereka digilas Laceleste 3-0 di depan puluhan ribu suporternya di Samara Arena, Senin (25/6).

Sementera Spanyol merupakan tim yang syarat pengalaman. Mereka bukan anak baru di Piala Dunia. Bahkan pada edisi 2010, Spanyol menjadi juara dengan mengalahkan Belanda 1-0. Pada edisi kali ini, meskipun mereka goyah setelah pemecatan Juan Lopetegui namun,Lafuria Roja bisa tampil sebagai pemuncak klasemen grup B dengan koleksi lima poin berkat dua kali imbang melawan Portugal 3-3 dan Marko 2-2. Sementara satu kemenangan didapat Sergio Ramos dan kawan-kawan atas Iran 1-0.

Head to Head Menangkan Spanyol

Khusus di Piala Dunia, babak 16 besar Piala Dunia Rusia dan Spanyol belum pernah bersua. Akan tetapi, mereka telah enam kali bertemu pada pertandingan persahabatan maupun Piala Eropa. Hasilnya, Spanyol menang sebanyak empat kali dan dan dua imbang. Pertemuan pertama Rusia melawan Spanyol terjadi pada 1998. Saat itu, Spanyol menang 1-0.

Kemudian enam tahun berselang di gelaran Piala Eropa 2004, Spanyol membungkam Rusia 1-0. Setelah itu, Spanyol dan Rusia bertemu di laga uji coba pada 27 Mei 2006. Saat itu, skor sama kuat 0-0. Kemudian, dua pertemuan selanjutnya tergelar di Piala Eropa 2008. Saat itu dalam dua pertemuan yang berlangsung di fase grup dan semifinal, Spanyol racikan Luis Aragones menang 4-1 dan 3-0. Kali terakhir keduanya bersua yaitu pada 5 November 2017, Spanyol dan Rusia bermain imbang 3-3