Jakarta - Sebuah pesta pembukaan yang sempurna untuk Rusia. Tim Beruang  Merah ini  membuka pertandingan perdana Piala Dunia 2018 dengan pesta gol kemenangan, 5-0 atas Arab Saudi di Stadion Lushniki, Moskow, Kamis (14/6/2018). Rusia mendominasi pertandingan sejak babak pertama meski publik tuan rumah sendiri meragukan kemampuan mereka untuk meraih poin penuh dan berpesta gol.

Namun baru 12 menit pertandingan berjalan, Rusia langsung menunjukkan tajinya. Sebuah serangan yang dibangun oleh Rusia, akhirnya membawa Beruang Merah unggul lewat gol Y. Gazinskiy yang menaklukkan kiper Arab Saudi, A. Al Muaiouf.  Gol pertama ini menghentak Arab Saudi yang kemudian berbalik untuk lebih bermain terbuka.

Serangan sempat silih berganti di gawang kedua tim. Bahkan M. Al-Sahlawi, sempat membuat jantung supporter Rusia berdegup kencang saat serangannyanya nyaris membobol gawang kiper Rusia, I. Akinfeev. Namun itu hanya sementara saja. Rusia kembali mampu menjaga ritme pertandingan dengan tampil lebih menekan pertahanan Arab Saudi.

Para Pemain Rusia meluapkan kegembiraan setelah menang 5-0 atas Arab Saudi. 

Arab Saudi Melemah

Akhirnya pada menit ke – 43 Dennis Cheryshev, yang masuk menggantikan gelandang serang Rusia A. Dzagoev, kembali membuat perbedaan. Pemain berkaki kidal itu menggetarkan gawang Arab Saudi yang dikawal A. Al Muaiouf, dengan tendangan kaki keras di kotak penalti.

Di babak kedua., Rusia tidak mengendurkan tekanannya. Bahkan semakin bertubi-tubi setelah Arab Saudi tampil melemah dengan kondisi kebugaran yang jauh menurun dibandingkan babak pertama. Akhirnya Rusia kembali mencetak gol pada menit ke-71 lewat sepakan kaki A. Dzyuba. Gol ini semakin membungkam Tim asuhan Antonio Pizzi.

Rusia kembali menambah gol lewat kaki kidal Dennis Cheryshev, pada menit ke-88. Gol ini seakan mengakhiri jalannya pertandingan perdana itu. Namun Rusia kembali mencetak gol pada menit ke-92 lewat sebuah tendangan bebas yang dilakukan oleh A. Golvin.  Kemenangan 5-0 atas Arab Saudi itu membuat Rusia kini berada di jalur utama untuk lolos ke babak 16 besar.