JAKARTA--Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah mantan Bupati Konawe Utara Aswad Sulaiman pada 2 Oktober 2017. Penggeledahan dilakukan terkait kasus penindakan yang dilakukan oleh lembaga antirasuah itu. 

Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha tidak menampik kabar adanya penggeledahan di rumah mantan Bupati Konawe Utara itu. "Mengenai kegiatan penindakan yang dilakukan di Konawe Utara, yang bisa dikonfirmasi pada malam ini adalah bahwa benar tim KPK di bagian penindakan sedang melakukan kegiatan di sana," terang Priharsa di Jakarta, Senin (2/10/2017).

Meskin tidak menampik, ia belum bisa menjelaskan secara rinci penindakan itu terkait kasus apa dan melibatkan siapa saja. "Tapi mengenai detail perkaranya apa, tersangkanya siapa, dalam waktu dekat akan disampaikan," terang Priharsa.

Perkembangan terbaru, KPK juga resmi menetapkan  Aswad Sulaiman sebagai tersangka dugaan korupsi terkait pemberian izin tambang di wilayahnya.  Aswad diduga menyalahgunakan kewenangannya dalam memberikan izin pertambangan di wilayah Kabupaten Konawe Utara. Kasus dugaan korupsi Aswad ini disebut masih berkaitan dengan kasus yang telah menjerat Gubernur Sulawesi Tenggara nonaktif Nur Alam.