BREAKINGNEWS.CO.ID – Tim Movistar Yamaha sampai saat ini belum juga mendulang kemenangan, baik dari Valentino Rossi maupun Maverick Vinales. Hal ini menimbulkan isu jika pabrikan belogo garputala tersebut akan melakukan perombakan besar-besar terhadap YZR-M1 demi meningkatkan perfoma kuda besi tersebut. Namun demikian rupanya, Rossi menolak dengan keras rencana itu. Ia menilai Yamaha hanya harus fokus pada permasalahan pokok yang mereka alami sejak tahun lalu, ketimbang merombak M1 secara besar-besaran.

Rossi dan Maverick Vinales sama-sama dilanda masalah akselerasi yang disebabkan sistem elektronik dan penyaluran tenaga dengan ban Michelin. Hal inilah yang mereka yakini sebagai biang keladi paceklik kemenangan Yamaha sejak Assen, Belanda tahun lalu.

Dalam uji coba Brno, Ceko pada Senin (6/8/2018), Rossi menjajal beberapa perangkat yang ia yakini menghadirkan hal positif untuk pekan balap di Austria, namun menyebut ini hanyalah perubahan kecil dan tak memberikan perkembangan siginifikan pada performanya di sisa musim. Meski frustrasi belum juga meraih kemenangan, Rossi meyakini bahwa perubahan ekstrem pada YZR-M1 tak perlu dilakukan dan yakin bahwa bertahan dengan setup yang ia pakai sekarang merupakan solusi yang lebih baik.

"Sepanjang tahun ini, kami telah bekerja dengan baik, dan selalu cukup kompetitif pada hari Minggu. Saya rasa sudah sering kali kami tampil maksimal. Jika kami mencoba sesuatu yang sangat berisiko, soal setup motor, kami tak bisa apa-apa. Tak ada yang lebih baik dari ini," ujarnya dalam jumpa pers di Red Bull Ring, Kamis (9/8).

"Anda bisa mencoba sesuatu seperti ban lunak, tapi saya yakin Anda bisa menjalani 10 lap di depan, tapi setelahnya Anda hanya akan finis keempat. Jadi saya rasa ini tidak bagus. Saya rasa kami harus lebih kompetitif dan menjalankan pekerjaan dengan cara yang sama seperti sekarang," lanjut The Doctor.

Sembilan kali juara dunia ini juga ragu mengenai kapan solusi signifikan bakal ditawarkan oleh Yamaha, mengingat perangkat terbaru yang ia terima hanyalah wing fairing yang ia pakai dalam uji coba Brno. Rossi pun mengaku terpaksa kembali menunggu, dan menjalani MotoGP Austria dengan konfigurasi motor yang masih sama. "Saya tak tahu lebih banyak dari pada Anda (awak media). Menurut saya, masalah kami sudah sangat jelas, tapi saya sudah mengatakannya sejak lama. Memang tak muda, tapi penting bahwa Yamaha bekerja keras. Kami butuh waktu, tapi kami harap bisa memperbaiki performa sebelum musim berakhir," pungkas Rossi.